Senin, 10 Rabiul Awwal 1442 H | 26 Oktober 2020

Info

PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger menjadi narasumber pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Riau (Unri) secara virtual, Senin (14/09/2020).

PKKMB Unri Tahun 2020 ini bertajuk "Sinergitas Pemerintah Daerah dan Kampus Dalam Menghadapi Bencana Karhutla dan Pandemik Covid-19 di Provinsi Riau". 

PKKMB Unri juga menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, Wakapolri Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono, dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Ir. Nizam.

Kepala BPBD Provinsi Riau Edward Sanger dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun 2020 Pemprov Riau sudah dapat menekan tingkat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang mengakibatkan kabut asap. 

"Kami berharap Riau tidak lagi mengalami Karhutla dan kabut asap," harapnya.

Dijelaskannya, adapun upaya-upaya yang dilakukan sejak ditetapkannya siaga Karhutla yaitu, telah melaksanakan teknologi modifikasi cuaca yang mana untuk menjaga kelembapan-kelembapan gambut yang ada di Provinsi Riau. Tentunya hal tersebut bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

Edward mengatakan, dalam upaya penanggunglangan Karhutla, Gubernur Riau Syamsuar telah menyediakan alat pertanian di 12 kabupaten/kota dan menyiapkan tanaman ramah lingkungan yang melibatkan perguruan tinggi di Provinsi Riau.

“Hal ini Pemprov Riau bekerja sama dengan perguruan tinggi yang mana mahasiswa baru kita berikan arahan agar bisa menjadi contoh dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak terjadi Karhutla di Provinsi Riau,” jelasnya. 

Edward mengharapkan, dengan diadakan kegiatan PKKMB mahasiswa baru dapat ikut membantu bersama untuk mensosialisasikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 dan upaya penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau.

“Kita juga mengapresiasi kepada Unri dalam kegiatan ini yang mana sudah menjadi pelapor protokol kesehatan Covid-19 secara virtual” tuturnya. (MCR/Putri)

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

342 Suspek di Riau Selesai Isolasi Hari Ini

Senin, 26 Oktober 2020 | 21:13:55 WIB

Wagubri Terima Audiensi DPD Projo Riau

Senin, 26 Oktober 2020 | 17:25:50 WIB

Pengelola Objek Wisata Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Senin, 26 Oktober 2020 | 14:45:03 WIB