Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU - Harga kelapa sawit penetapan periode 16 September – 22 September mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 2,16/Kg atau mencapai 0,11 ?ri harga minggu lalu.

Kepala dinas perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, dengan kenaikan tersebut harga pembelian kelapa sawit petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2,048,64/Kg. Kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

"Untuk faktor internal, naiknya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," kata Zulfadli, Rabu (16/9/2020).

Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga kelapa sawit minggu ini karena  harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) melesat cukup tinggi pada perdagangan awal pekan, Senin (14/9/2020). Sentimen seputar penurunan output bulan September jadi pemicu kenaikan harga.

"Sentimen positif lain yang juga mengerek harga CPO kali ini adalah penguatan harga minyak nabati lainnya. Untuk kontrak minyak kedelai dan sawit di Bursa Komoditas Dalian naik masing-masing 2,8?n 2,91%," jelasnya. (MCR/MS)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait