Senin, 4 Safar 1442 H | 21 September 2020

Info

PEKANBARU - Asisten I Setda Riau, Jenri Salmon Ginting mengatakan bahwa para perempuan di Provinsi Riau hendaknya memperkuat jati diri dan meningkatkan peran utama terhadap anak-anak dan keluarga untuk mencegah radikalisme dan terorisme.

Ia menerangkan, banyak fakta yang membuktikan bahwa radikalisme tidak lagi dilakukan oleh laki-laki, namun juga perempuan bahkan melibatkan anak-anak.

Untuk itu terangnya, sudah saatnya perempuan memulai gerakan mencegah ancaman radikalisme dan terorisme karena perempuan mempunyai insting keibuan secara alami yang dapat mendamaikan dengan cinta, kepedulian serta harmoni.

"Karena gerakan perempuan sejatinya memiliki potensi besar untuk mencegah radikalisme dan terorisme," ungkapnya, saat membuka acara Pelibatan Perempuan Sebagai Agen Perdamaian dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, di Grand Zuri Pekanbaru, Rabu (16/9/2020).

Jenri menambahkan, saat ini terorisme dan radikalisme menjadi musuh besar bangsa Indonesia karena telah merusak kesatuan dan persatuan bangsa dan membuat rasa saling curiga dan saling memusuhi antar sesama.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh kalangan baik laki-laki maupun perempuan di Provinsi Riau untuk bersama mencegah munculnya radikalisme dan terorisme.

Asisten I Setda Riau ini berharap, jika tindakan mencegah radikalisme dan terorisme dilakukan secara bersama maka akan mampu menangkal masuknya paham radikalisme di Riau terutama di kalangan perempuan Riau.

"Terorisme menjadi musuh besar, mari cegah radikalisme dan terorisme secara bersama di seluruh kalangan," ungkapnya.

Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Andi Intang Dulung menambahkan, peran ibu sangat penting dalam keluarga dan sangat dekat dengan anggota keluarga.

Maka dari itu, ibu harus menjadi tumpuan utama dalam mencegah terorisme dan radikalisme dalam keluarga, jangan sampai ada anggota keluarga yang terpapar paham-paham tersebut.

"Jangan sampai kita terjerumus dalam hal seperti ini," jelasnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait