Kamis, 6 Rabiul Awwal 1442 H | 22 Oktober 2020

Info

Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan

PEKANBARU - Masyarakat Rokan Hulu (Rohul) akan mengelar acara adat upah-upah untuk Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan. 

Acara adat tersebut diwacanakan masyarakat Rohul dalam rangka mengenang sejarah berdirinya Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai di Kecamatan Dalu-dalu, Kabupaten Rohul. 

Informasi tersebut disampaikan lansung oleh Ketua Umum (Ketum) Badan Pekerja Benteng Tuanku Tambusai (BP BTT) Datuk Seri H Al Azhar MA, saat kunjungan silahturahmi dengan Danrem 031/WB beberapa waktu lalu. Dikatakannya jika wacana penggelaran acara adat upah-upah itu merupakan keinginan dari masyarakat Rohul untuk Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan sebagai pemimpin Korem 031/WB dalam rangka mengenang sejarah dan menceritakan kembali sejarah benteng Tuanku Tambusai. 

"Acara adat tersebut akan digelar di lokasi  Benteng Tuanku Tambusai yang ada di Dalu-dalu kebaupaten Rohul," katanya. 

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR ini juga berharap, adanya keinginan masyarakat Rohul ini, Danrem 031/WB bersedia dan menyempatkan waktu untuk hadir ke Rohul. Dimana kegiatan ini selain  merupakan keinginan masyarakat yang juga berupa doa keselamatan untuk Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan dalam menjalankan pucuk Pimpinan. 

"Untuk itu kami berharap Danrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan bersedia dan bisa menyempatkan waktu untuk kegiatan ini," tuturnya.

Sementara Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE menyampaikan, sangat Berterimaksih atas keinginan masyarakat adat Rokan Hulu menyelenggarakan acara adat Upah-Upah tersebut. Karena hal itu merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya dan juga sebagai doa dalam memimpin kedepan.

Jendral bintang satu putra asli Riau ini, juga  menyampaikan jika sebelumhya sudah lama berencana berkunjung ke Rokan Hulu. Yaitu selain menjalankan tugas sebagai Danrem 031/WB juga untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Rohul. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini ia kembali mengucapkan terimakasih kepada masyarakat adat di Rohul maupun BP BTT. 

"Insyaallah saya hadir, apa lagi acara ini juga dalam rangka mengenang sejarah Benteng Tuanku Tambusai yang merupakan sejarah pahlawan Tuanku Tambusai dalam memperjuangkan kemerdekaan. Untuk itu sekali lagi saya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Rohul yang telah mewacanakan acara adat ini, " tuturnya. 

Disisi lain Kepa Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal Zein menambahkan, jika acara adat Upah-upah adalah upacara tradisional di Limo Luhak Rokan, dimana acara ini banyak tujuannya. Salah satunya untuk memberikan semangat kepada seseorang dalam memimpin. 

"Pelaksana upah-upah disebut sebagai pengupah-upah, yaitu orang terpilih yang dihormati dan disegani. Seperti Danrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan dalam mempim Korem 031 /WB kedepan," jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia juga berharap smoga Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE terus semangat dan selamat dalam memimpin.

"Sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Riau, kita juga sangat mendukung keinginan masyarakat Rohul ini dan juga smoga Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan selalu sehat dan sukses memimpin Korem 031/WB kedepan," tutupnya. (MCR/AZ)

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB

Satu Nakes di Rohul Dinyatakan Positif Covid-19

Ahad, 19 Juli 2020 | 17:24:37 WIB

Sekdaprov Riau Minta GTP Covid-19 Rohul Tetap Waspada

Jumat, 10 Juli 2020 | 19:42:51 WIB

Rohul Harus Capai Target 50 Uji Swab Perhari

Jumat, 10 Juli 2020 | 13:18:53 WIB

Satu Nakes di Rohul Telah Dinyatakan Sembuh

Ahad, 05 Juli 2020 | 19:09:14 WIB

Mobil Truk Bertonase Overload Harus Ditindak Tegas

Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:49:50 WIB