Kamis, 13 Rabiul Awwal 1442 H | 29 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Bayi Gajah Betina Lahir di PLG Minas (Foto BBKSDA Riau)

PEKANBARU - Gajah Sumatera yang diberi nama Nia melahirkan bayi gajah berjenis kelamin betina di Pusat Latihan Gajah , Monas, Kampar. Nia yang merupakan gajah liar dan berhasil dievakuasi lantaran terjerat di bagian kaki kanan depannya itu, melahirkan pada  Jumat, (18/9) dinihari lalu.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakan kelahiran anak gajah ini merupakan kelahiran yang kedua dari gajah binaan Balai Besar KSDA Riau di tahun 2020. Yang pertama yakni lahir seekor anak Gajah jantan di TWA Buluh Cina pada hari Jum'at, 3 Juli 2020 yang diberi nama Damar dari indukan bernama Ngatini dengan pejantan bernama Robin.

"Tim medis Balai Besar KSDA Riau yang dikoordinir drh. Rini Deswita sudah ke PLG Minas  untuk melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi Gajah tersebut. Setelah melakukan pengecekan kesehatan, Tim memberikan asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus serta antibiotik kepada induk Gajah yang bernama Nia itu," bebernya.

Terangnya, bayi yang dilahirkan Nia, berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu, berat badannya berkisar 81 kilogram. Kondisi induk dan anak saat ini juga dalam kondisi sehat.

"Saya sangat antusias terhadap kelahiran bayi Gajah yang telah berada dalam kandungan induknya selama kurang lebih 22 bulan dan segera menyampaikan kabar gembira kepada Menteri LHK, ibu Siti Nurbaya Bakar melalui Bapak Direktur Jenderal KSDAE Bapak Wiratno. Mereka berjalan memberi nama Rizky kepada bayi Gajah sebagai simbol bagi rezeki alam, lingkungan hidup, dan bagi populasi yang berada di wilayah Sumatera ini," terangnya.

Suharyono berharap agar ke depannya Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLG maupun yang ada di alam liar. "Ini merupakan kejutan dan hadiah yang sangat menggembirakan untuk Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020," bebernya.

Untuk diketahui Nia adalah seekor gajah yang berhasil dievakuasi dari Desa Tapung (Petapahan) Kampar pada 14 Juli 2006 lantaran terkena jerat cukup parah di kaki sebelah kanan depan. Saat ini umur Nia berkisar 20 tahun.(MCR/ASN) 

Video

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Berita Terkait

Siak Bakal Kuatkan Sektor Hilir untuk Jaga Ketahanan Pangan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:01:54 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Kawasan Hutan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 13:00:27 WIB

Gubri Sebut Sumber Kehidupan Bukan Hanya Dari Sawit

Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:19:14 WIB

DLHK Riau Bakal Desain Tahura Jadi Wisata Alam Memesona

Ahad, 27 September 2020 | 20:18:59 WIB