Rabu, 12 Rabiul Awwal 1442 H | 28 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengikuti rapat koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Minggu (20/09/2020) malam.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo. Adapun topik dalam rapat tersebut berkaitan dengan update situasi nasional satu minggu terakhir (14-20 September 2020), progres Presiden mengenai pengurangan angka kasus, kematian dan peningkatan kesehatan di 8 Provinsi Prioritas tambah yakni Provinsi Banten, Bali, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau, dan Kalimantan Timur.

Selain itu dalam rapat tersebut juga membahas update progres penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), update Rasio keterisian tempat tidur rumah sakit alias bed occupancy rate (BOR), ruang perawatan intensif (ICU), dan ruang isolasi, progres target pengurangan angka kematian dan peningkatan pasien sembuh (kebutuhan tenaga kesehatan, akomodasi tenaga kesehatan dan lain-lain) serta progress dan kendala operasi pendisiplinan atau yustisi.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo menginginkan, 8 Provinsi yang telah diputuskan Presiden RI untuk menyiapkan ketersediaan ICU di seluruh rumah sakit apabila diprediksi jumlah pasien di rawat di ICU mengalami peningkatan.

"Ini bukan hanya delapan Provinsi yang di prioritaskan saja, tetap juga provinsi tambahan seperti Banten, Bali, Aceh, Riau dan juga Kalimantan Timur," kata Doni.

Selain itu, ia menambahkan, perlunya menyiapkan hotel untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tidak mampu untuk ditampung di tempat-tempat yang telah disiapkan pemerintah daerah.

Doni juga berpesan, dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di ICU atau yang bersentuhan langsung dengan pasien terkonfirmasi positif agar diberi kemudahan untuk melakukan swab secara gratis. Yang mana nantinya akan diatur oleh tiap-tiap provinsi lokasi untuk penyelenggaraan swab tersebut.

"Kemungkinannya dalam minggu ini akan sudah dimulai," terangnya.

Dalam menghadapi Covid-19 ini, lanjut Doni, membutuhkan upaya preventif dan pemerintah harus menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak. Ia berharap pengendalian Covid-19 kedepannya menjadi lebih baik.

Dalam rapat tersebut Gubri didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya, Asisten I Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, Asisten III Provinsi Riau Syahrial Abdi, Danrem 031/Wira Bima Syech Ismed, Wakapolda Riau Tabana Bangun, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Chairul Rizki, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau Indra Yovi, serta Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Nuzelly Husnedi.(MCR/SEM)

Video

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Berita Terkait

Pasien Sembuh dari Covid-19 di Riau Capai 10.534 orang

Rabu, 28 Oktober 2020 | 19:35:59 WIB

1.912 Spesimen Swab Telah Diperiksa Hari Ini

Rabu, 28 Oktober 2020 | 19:28:20 WIB

Gubri Telah Tetapkan UMP Riau 2021

Rabu, 28 Oktober 2020 | 14:18:33 WIB

Gubri Ikuti Hari Sumpah Pemuda ke-92 Secara Virtual

Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:20:17 WIB

Libur Panjang Telah Tiba, Yuk Patuhi Protokol Kesehatan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12:44:18 WIB