Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021

DUMAI - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengikuti sekaligus meresmikan tol Trans Sumatera Pekanbaru-Dumai melalui video Conference dari Istana Kepresiden Bogor, Jumat (25/09/2020).

Pelaksanaan peresmian tol Pekanbaru-Dumai dilaksanakan di Gerbang Tol Dumai yang dihadiri langsung, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Dandrem 031/Wira Bima, Syech Ismed, Kapolda Riau, Agung Imam Setya Effendi, Frokopimda Provinsi Riau, tokoh agama tokoh adat dan masyarakat Riau.

"Alhamdulillahirobilalamin, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer dengan biaya 12,18 triliun telah rampung dan telah selesai," kata Jokowi

Lanjutnya, sehingga dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif baik untuk masyarakat Riau maupun masyarat yang melintasi pulau Sumatera.

Jelasnya, jalan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 Kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

"Keberadaan tol ini tentunya akan meningkatkan konektivitas antara Ibukota Provinsi Riau dengan Kota Dumai yang merupakan sebagai kota pelabuhan serta industri perminyakkan dan agrobisnis," terangnya.

"Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru-Dumai," tambahnya

Ia juga berharap pemerintah daerah dan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya dan menjadikan modal untuk mengembangkan peluang usaha serta sarana untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Pada acara peresmian Gubernur Riau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Preaiden RI Joko Widodo yang telah membangun dan meresmikan jalan tol tersebut.

"Atas nama masyarakat Provinsi Riau kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang telah berkenan membangun dan meresmikan jalan Tol ruas Dumai – Pekanbaru pada hari ini," ucapnya.

Ia juga memastikan jalan tol yang diresmikan sudah pasti akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Riau.

"Bukan hanya bagi warga Kota Dumai saja, tetapi juga bagi warga Kabupaten lain dan semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan bebas hambatan ini di dalam kegiatan perekonomian daerah," pungkasnya. (MCR/SEM)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB