Senin, 24 Zulhijjah 1442 H | 02 Agustus 2021
Bangun Jalan Tol Pertama di Riau, Gubri Syamsuar Sampaikan Terima Kasih Untuk Pak Presiden RI

PEKANBARU-Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan terima kasih seluruh Masyarakat Riau kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah membangun jalan tol pertama di provinsi ini yakni Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Hal itu dikatakan Gubri saat memberikan sambutan pada acara peresmian pengoperasian jalan Tol Permai, Jumat (25/9/20) di Gerbang Tol Dumai. Presiden Jokowi sendiri meresmikan jalan tol ini secara virtual dari Istana Bogor.

"Atas nama masyarakat Riau kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, yang telah berkenan membangun dan meresmikan jalan tol ruas Dumai-Pekanbaru pada hari ini," kata Gubri.

Dikatakan Gubri, dengan diresmikannya  jalan tol ini, merupakan tonggak sejarah adanya pembangunan jalan tol pertama di provinsi ini. Keberadaan jalan tol ini akan bermanfaat bagi seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

"Sudah pasti tol ini sangat bermanfaat tidak hanya warga Pekanbaru dan Kota Dumai saja, tetapi juga kabupaten lainnya. Termasuk semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan ini dalam kegiatan peningkatan perekonomian daerah," terangnya.

Apalagi kata Gubri, Kota Dumai merupakan pelabuhan utama Provinsi Riau, yang menjadi pintu eskpor dan impor komoditi dari provinsi ini dan provinsi tetangga. Semua komoditi itu diekspor menuju Selat Malaka, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Sementara Presiden Jokowi dalam arahannya meminta agar Pemda bisa memanfaatkan tol untuk pengembangan ekonomi daerah. "Saya titip tol ini agar dimanfaatkan menjadi modal untuk pemgembangan ekonomi daerah, peluang modal usaha masyarakat,” ungkapnya.

Jokowi juga mendesak kepada kepala daerah di Riau agar merespon dengan cepat terhadap keberadaan tol, dengan menyesuaikan regulasi-regulasi mendukung masuknya investasi. Selain itu, dia juga meminta agar peluang ekonomi ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Untuk diketahui, Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131 kilometer. Tol ini merupakan tol underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia. Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai menelan dana sebesar Rp12,18 triliun.

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari 2.700 kilometer lebih Tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung ke Aceh sebagai koridor utama. (MCR/NOR) 

Video

Gubernur Riau Ikuti Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan Wilayah

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB