Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU-Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan terima kasih seluruh Masyarakat Riau kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah membangun jalan tol pertama di provinsi ini yakni Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Hal itu dikatakan Gubri saat memberikan sambutan pada acara peresmian pengoperasian jalan Tol Permai, Jumat (25/9/20) di Gerbang Tol Dumai. Presiden Jokowi sendiri meresmikan jalan tol ini secara virtual dari Istana Bogor.

"Atas nama masyarakat Riau kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, yang telah berkenan membangun dan meresmikan jalan tol ruas Dumai-Pekanbaru pada hari ini," kata Gubri.

Dikatakan Gubri, dengan diresmikannya  jalan tol ini, merupakan tonggak sejarah adanya pembangunan jalan tol pertama di provinsi ini. Keberadaan jalan tol ini akan bermanfaat bagi seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

"Sudah pasti tol ini sangat bermanfaat tidak hanya warga Pekanbaru dan Kota Dumai saja, tetapi juga kabupaten lainnya. Termasuk semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan ini dalam kegiatan peningkatan perekonomian daerah," terangnya.

Apalagi kata Gubri, Kota Dumai merupakan pelabuhan utama Provinsi Riau, yang menjadi pintu eskpor dan impor komoditi dari provinsi ini dan provinsi tetangga. Semua komoditi itu diekspor menuju Selat Malaka, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Sementara Presiden Jokowi dalam arahannya meminta agar Pemda bisa memanfaatkan tol untuk pengembangan ekonomi daerah. "Saya titip tol ini agar dimanfaatkan menjadi modal untuk pemgembangan ekonomi daerah, peluang modal usaha masyarakat,” ungkapnya.

Jokowi juga mendesak kepada kepala daerah di Riau agar merespon dengan cepat terhadap keberadaan tol, dengan menyesuaikan regulasi-regulasi mendukung masuknya investasi. Selain itu, dia juga meminta agar peluang ekonomi ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Untuk diketahui, Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131 kilometer. Tol ini merupakan tol underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia. Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai menelan dana sebesar Rp12,18 triliun.

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari 2.700 kilometer lebih Tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung ke Aceh sebagai koridor utama. (MCR/NOR) 

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB