Selasa, 19 Rajab 1442 H | 02 Maret 2021
Menelan Rp12,18 Triliun, Tol Permai Tumbuhkan Sentra Ekonomi Baru di Riau

DUMAI - Ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131,5 Km yang dibangun dengan menelan anggaran Rp12,18 triliun, manfaatnya kini dapat dinikmati masyarakat pasca diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual pada Jumat (25/9/2020). 

Jalan bebas hambatan pertama di Provinsi Riau tersebut, dioperasikan secara penuh per hari Sabtu (25/9/2020) mulai pukul 06.00 wib. Presiden Jokowi, ketika peresmian, menyebut bahwa Tol Permai kini bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif. Baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

Sebab, kata Presiden, ruas tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 Km, membentang dari Lampung hingga Aceh yang menjadi koridor utama.

"Jalan ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju. Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru-Dumai. Dari sebelumnya 200 Km jika lewat nasional menjadi 131 Km jika lewat tol. Dengan kondisi ini, truk sawit, pengangkut minyak, sawit, angkutan logistik dan penumpang, akan lebih efisien dari segi waktu maupun biaya," ungkap Presiden Jokowi.

Dengan kehadiran Tol Permai, orang nomor satu di Riau itu juga mengungkap bahwa roda perekonomian ekonomi daerah akan mengalami peningkatan.

"Saya mendapat laporan bahwa keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini. Seperti membangun kawasan industri yang ini akan membuka lapangan pekerjaan. Mengembangkan perumahan, yang juga akan mengembangkan lapangan pekerjaan. Mengembangkan fasilitas pariwisata yang juga akan membuka lapangan pekerjaan," bebernya.

"Tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru ini tentu akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah dan membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi," ujar Presiden Jokowi.

Oleh karenanya, dia berharap, infrastruktur dengan perlintasan gajah yang telah dibangun pemerintah tersebut, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

"Saya titip kepada Pemda dan masyarakat Pekanbaru-Dumai, manfaat infrastruktur ini sebaik-baiknya, jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat," demikian Presiden Jokowi (MCR/ger)

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Kolaborasi Vaksinasi Bagi Pedagang Pasar di Pekanbaru

Senin, 01 Maret 2021 | 16:02:29 WIB

Luas Panen Padi Riau Naik 1,59 Ribu Hektar

Senin, 01 Maret 2021 | 15:26:15 WIB

Gubri Buka Rembug Paripurna KTNA Provinsi Riau

Ahad, 28 Februari 2021 | 14:53:14 WIB

Ini Pesan Plh Sekdaprov Riau dalam HUT Pertama DMDI Riau

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:24:38 WIB