Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

DUMAI - Wali Kota Dumai Zulkifli AS mengungkapkan, pihaknya akan menguatkan sektor ekonomi kerakyatan di wilayah setempat. Hal ini menyusul beroperasinya Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) pasca diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dia katakan, kehadiran Tol Permai diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi Dumai di berbagai sektor. Tak hanya bidang industri, tapi juga pariwisata dan yang lainnya. Sebab, seiring dengan pengoperasian jalan bebas hambatan sepanjang 131 Km itu, pergerakan arus barang dan jasa juga akan meningkat.

"Tol ini tentu harapan dari masyarakat Riau, khususnya Dumai, karena ini adalah jalan alternatif. Kita tahu Dumai merupakan daerah pelabuhan, dan Provinsi Riau juga menjadi daerah dengan sumber daya alam yang banyak. Ada minyak dan lain sebagainya," kata Zulkifli, Jumat (25/9/2020) di Bukit Kapur, Dumai.

"Nah, kehadiran tol ini salah satunya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, bisa pariwisata, juga sektor ekonomi lain. Para pelaku ekonomi pun berharap dengan adanya jalan tol ini (konektivitas) dapat lebih lancar. Kalau tidak, dari Pekanbaru ke  Dumai bisa sampai 7 jam," tambahnya.

Dampak positif tersebut, terang Wali Kota Dumai itu, tentu juga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka pemerataan ekonomi masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan menguatkan sektor ekonomi kerakyatan dan mendorong masyarakat di wilayah setempat agar mengambil andil dalam pengembangan ekonomi kreatif.

"Kita menguatkan sektor ekonomi kerakyatan, paling tidak karena kita Pelabuhan, kita akan dikembangkan ekonomi kreatif seperti cindera mata dan wisata pantai juga," demikian Zulkifli. (MCR/ger)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB