Ahad, 14 Rabiul Akhir 1442 H | 29 November 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Gubernur Riau H Syamsuar mencoba kartu elektronik toll ketia mencoba operasional Jalan Tol Permai, Sabtu (26/9/2020). Foto Diskominfotik Riau

PEKANBARU - Setelah diresmikan Jumat (26/9) lalu oleh Presiden RI, Joko Widodo, mulai hari ini, Sabtu (26/9) Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) resmi mulai beroperasi.

Keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai ini, patut jadi kebanggaan bagi Riau. Pasalnya selain pertama di Riau, Tol Pekanbaru-Dumai ini juga merupakan tol termurah di Indonesia. Tarif masuknya hanya Rp 900 per kilometer. 

Tidak hanya itu, keberadaan jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini juga akan menjadi akses positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat maupun kemajuan daerah kedepan. Karena dengan adanya tol ini akses atau hubungan antar daerah akan lebih gampang yang juga bisa mempermudah masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja, salah satunya membuat usaha yang sudah bisa antar daerah. 

Sedangkan untuk dampak positif ke daerah, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai ini bisa menjadi daya tarik bagi para investor masuk ke Riau. Apa lagi Riau juga merupakan Kota pelabuhan dengan industri perminyakan, agribisnis yang maju, serta kawasan Industri Perkebunan, pengembangan pariwisata dan lainya yang sebelumnya menjadi daya tarik. Bagi investor. Sehingga jika kalangan  investor bamhak masuk ke Riau dengan sendirinya juga akan mencipatkan lapangan kerja untuk masyarakat dan memajukan daerah Riau kedepan. 

Hal ini, sesuai yang diungkapkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian lalu. Dimana Tol Pekanbaru-Dumai ini selain banyak manfaat untuk  masyarakat juga meningkatkan konektivitas antar Provinsi. Karena Tol Pekanbaru-Dumai ini juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.878 Km, yang membentang dari berbagai provinsi di Indonesia. Khusnua Sumatera, seperti Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama. Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Pelmbang dan lainya. 

"Jadi tol ini sebagai modal bagi masyarakat maupun daerah untuk peningkatan peluang-peluang usaha maupun interaksi lainya kedepan," tuturnya. 

Saking bangga Riau dengan keberadaan tol ini, Gubernur Riau, H Syamsuar pun kembali melakukan uji coba menggunakan Tol Pekanbaru-Dumai ini setelah diresmikan oleh Presiden RI kemarin. Dimana beliau mencoba lansung berawal dari proses masuk gerbang yang prosesnya sangat gampang.

Setelah melakukan uji coba, Gubri, Syamsuar kembali menyampaikan, memberikan penggratisan untuk masyarakat untuk  penggunaan jalan tol selam 2 minggu kedepan. Dimana program ini sesuai janji yang disampaikan sebelumnya yang meminta pada presiden untuk kembali memberikan program gratis pada masyarakat setelah diresmikan. Meskipun hanya dua minggu kedepan yang juga dalam masa percobaan. 

Yang pasti kata Gubri, Syamsuar, Riau maupun masyarakatnya sangat berterimaksih kepada Presiden RI, atas pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai ini. Diharapkan kedepan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik, lancar dan bisa sama-sama menjaga dengan baik. 

"Jangan sampai disalah gunakan, seperti menjadi ajang balap liar dan lainya. Tapi manfaatkanlah sebagaimana tujuannya," tuturnya yag juga berterima kasi kepada masyarakat telah mendukung pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai selama ini. (MCR/AZ)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB

Wagubri Serahkan PGRI Award untuk Guru Guru Berprestasi 

Kamis, 26 November 2020 | 13:48:34 WIB

Gubri: Pemprov Riau Akan Mempercepat Proses Tender Proyek

Rabu, 25 November 2020 | 13:22:57 WIB

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB

BPBD Riau: Banjir di Pelalawan Terus Dipantau

Ahad, 22 November 2020 | 18:34:21 WIB

Petugas Bandara SSK II Temukan 6.594 Butir Ekstasi

Sabtu, 21 November 2020 | 19:10:26 WIB