Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021

PEKANBARU - Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) Andi Buchari, Kamis (1/10/2020) mengungkapkan, pihaknya optimis dengan dukungan semua pihak, termasuk masyarakat Riau yang sudah lama menginginkan bank riau Kepri menjadi bank syariah, upaya ini akan segera terwujud.

"Kita berharap BRK menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) ketiga yang menerapkan sistem syariah, setelah NTB dan Aceh. Sekarang kita sedang percepat, baik diinternal dan eksternal termasuk ke DPRD untuk menggesa Perda," ujarnya.

Andi mengungkapkan, perbankan syariah bukan hanya Sekedar labe saja. Namun ada banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat jika BRK sudah dikonversi ke syariah. Sebab saat ini ekonomi halal yang didalamnya termasuk halal finance sudah menjadi trend ekonomi global. 

"Sehingga industri halal ini tidak hanya berkembang di negara yang mayoritas penduduknya muslim saja, tapi di negara-negara yang penduduknya mayoritas non muslim, industri halal juga berkembang. Mereka banyak mendirikan lembaga keuangan dan bisnis dengan basic ekonomi halal, dengan mengedepankan bagi hasil," ujarnya. 

Saat ini pihak managemen BRK terus menggesa proses konversi bank plat merah ini dari konvensional ke perbankan syariah. Ditargetkan, pada semester pertama tahun 2021 BRK sudah beralih menjadi perbankan syariah.

"Target kami semester satu tahun depan BRK sudah konversi ke syariah," kata Andi Buchori. 

Pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk mempercepat proses konversi BRK ke syariah. Salah satunya adalah dengan mengundang kalangan DPRD Riau untuk sama-sama mendapatkan pemahaman terkait apa itu perbankan syariah. 

"Jadi proses konversi BRK ke syariah itukan harus didukung dengan Perda BRK syariah. Sebagai bagian dari penyusunan Perda itu maka anggota dewan harus paham juga apa itu bank syariah, bagaimana proses operasionalnya dan apa saja produk-produknya. Sengan pemahaman itu, kita berharap bapak-bapak anggota dewan ini bisa ikut membantu kami dalam menggesa penyusunan Perda dan mengawal proses konversi BRK ke syariah,"kata Andi. (MCR/SA).

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

TPBML BMR Selenggarakan Penilaian Buku Mulok BMR 

Kamis, 04 Maret 2021 | 19:22:37 WIB

Asita Riau Jalin Kerjasama dengan Puan Aspekraf

Kamis, 04 Maret 2021 | 19:09:51 WIB

Empat KPH Dapat Bantuan Alat Pemadam Karhutla

Kamis, 04 Maret 2021 | 14:13:50 WIB

Berikut Angka Realisasi Vaksinasi Tahap II di Riau

Rabu, 03 Maret 2021 | 19:04:17 WIB