Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021
Penambahan Positif Lebih Banyak Swab Mandiri Dari Perusahaan

PEKANBARU - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau, kembali bertambah sebanyak 265 kasus. Total kasus positif di Riau menembus angka 7.887 kasus. Sedangkan untuk pasien yang sembuh dan pulang meningkat tinggi sebanyak 279 orang, total pasien sembuh 4.128 orang, dan yang meninggal dunia bertambah 7 orang, total 166 orang meninggal akibat Covid-19.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, pasien yang sembuh dan pulang, saat ini sebanding dengan pasien yang positif. Kesembuhan ini dari pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang telah menjalani karantina dan sembuh. Termasuk pasien yang di rawat juga telah sembuh setelah menjalani pengobatan.

“Untuk pasien sembuh kita saat ini juga meningkat, ini dari OTG yang telah menjalani karantina dan pengobatan,” kata Gubri. 

Sedangkan untuk penambahan kasus pasien positif Covid-19, kata Gubri, banyak dari orang yang menjalani swab mandiri, untuk memastikan kesehatan mereka. Sehingga banyak yang terkonfirmasi positif walaupun tanpa gejala, dan sebagian besar swab mandiri dari perusahaan.

“Kemarin ada peningkatan mencapai 350 kasus, itukan banyak yang swab mandiri sama hari ini (kemarin red), swab mandirinya banyak, jadi itu bisa banyak. Artinya berarti ada kesadaran orang melakukan swab mungkin mereka ingin tahu bagaimana kesehatannya, dan ini bisa naik gitu, otomatislah karena banyak swab,” kata Gubri, Kamis (1/10).

“Sekarang bertambah 264 kasus, tapi untuk dimaklumi dari 264 ini terbanyakkan Pekanbaru ini sebanyak 160, tetapi dari 160 ini 105 swab mandiri. Kalau orang swab mandiri ini tidak melakukan swab mandiri berarti hanya 50 orang yang positif, ini yang sebenarnya kita. Ini bagus nanti orang yang positif-positif sudah banyak harapkan kita akan turun. Swab mandiri dugaan saya perusahaan tak mungkin masyarakat, kalau masyarakat, masyarakat yang mampulah. Saya rasa ini perusahaan yang banyak,” ungkapnya.

Gubri kembali mengingatkan kepada perusahaan yang masih banyak karyawannya terkonfirmasi positif. Penambahan terbanyak masih dari perusahaan, sehingga perlu ditingkatkan lagi disiplin protokol kesehatan. Termasuk mengkarantinakan orang yang positif ditempat yang aman. 

“Sebenarnya harapan saya masing-masing perusahaan mereka menerapkan protokol kesehatan, mereka melakukan tracing terhadap yang terkomfirmasi positif dari temannya dan melakukan swab. Kalau memang berat harus dilakukan ke rumah sakit, kalau ringan yah tentunya harus bisa melakukan isolasi mandiri. Harapan saya mereka melakukan isolasi terhadap karyawan perusahaan. Tapi kalau misalnya banyak harus tutup, tapi kita harua tahu hasil tracingnya banyak atau sedikit,” kata Gubri. MCR/JI

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Tindaklanjuti "Food Estate" Kementan Segera ke Riau

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:25:29 WIB

Gubri Telah Usulkan Food Estate Kementan RI

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:22:45 WIB

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB