Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020

DUMAI - Kementrian Agama (Kemenag) Kota Dumai, Riau, mulai melayani pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) calon jemah musim haji 2014 untuk tahap pertama sejak 11 Juni hingga 9 Juli mendatang.

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggaraan Haji Kemenag Dumai Zakaria kepada pers di Dumai, Senin (16/6) mengatakan, kuota haji tahun ini untuk Dumai diperkirakan mencapai 296 orang, dan sejauh ini sudah puluhan calon jemaah yang melunasi BPIH.

"Sejak dibuka pelunasan biaya haji per 11 Juni lalu, sudah ada sekitar 60 calon jemaah yang menyelesaikan pembayaran sesuai besaran ditetapkan pemerintah," katanya.

Menurut dia, untuk melayani pelunasan ongkos perjalanan haji, dikerjasamakan dengan sejumlah pihak bank, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri dan Bank Riau Kepri yang bercabang di Dumai.

Dalam pelaksanaan pembayaran BPIH tersebut, diakui mengalami kendala pada sistem pendataan nomor calon jemaah antar pihak bank pada kantor pusat dengan daerah, sehingga menghambat transaksi penyetoran.

Namun, diyakini dia kondisi ini terjadi bukan karena ketidaksiapan pihak bank, melainkan akibat banyaknya permintaan pembayaran oleh calon peserta haji yang harus diselesaikan cepat.

"Kita harapkan pihak bank agar dapat menginformasikan tatacara pembayaran kepada calon jemaah, karena waktu pelunasan BPIH ini tidak panjang dan terbatas," sebutnya.

Keterlambatan pelunasan BPIH hingga batas waktu yang ditentukan, lanjutnya, menyebabkan tertunda keberangkatan, sehingga akan merugikan calon jemaah.

Karena itu, ia mengimbau calon peserta musim haji 2014 ini agar segera menyelesaikan pelunasan ongkos secepatnya dengan tidak menunggu kurs rupiah terhadap dollar amerika turun.

Berdasarkan data Kemenag Dumai, daftar antrian calon jemaah haji yang sudah mendaftar capai ribuan orang dan untuk keberangkatan hingga tahun 2028 mendatang.

Sejauh ini, Kemenag juga telah melaksanakan berbagai tahapan persiapan ibadah haji, diantaranya menggelar kegiatan manasik baik di tingkat kecamatan dan kota serta pemeriksaan kesehatan tahap pertama. (MC Riau/ar)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB