Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Gubri Harap Santri Juga Dalami Dunia Wirausaha

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap para santri tidak hanya mendalami ilmu agama saja, namun juga dunia wirausahawan.

"Pondok Pesantren (Ponpes) jangan hanya melahirkan kader ulama saja namun juga bisa melahirkan kader wirausahawan," katanya saat menghadiri panen raya buah kelengkeng di Ponpes Al Mujtahadah 2 Pesisir, Sungai Geringging Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupeten Kampar, Sabtu (3/10/20).

Menurutnya, jika santri mendalami wirausaha akan memudahkannya dikemudian hari untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab selain dibekali ilmu agama, para santri juga paham dengan dunia wirausahawan.

"Kalau santri lulus dari pondok dan paham wirausaha, insyaAllah tidak susah mencari pekerjaan," ujarnya.

Dia juga menyebutkan bahwa beberapa hari yang lalu saat ia mengikuti webinar bersama Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin dan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, membahas program pengembangan potensi santripreneur berbasis UMKM Sawit yang baru saja diresmikan Wapres Ma'ruf Amin.

"Dengan adanya program tersebut dia sangat mendukung, dimana itu bisa mengasah potensi para santri untuk menjadi wirausahawan. 

Program tersebut, menurutnya sangat bagus dimanfaatkan dan dikembangkan di Provinsi Riau. Oleh karenanya ia meminta dukungan dari semua pihak. 

Selain menggerakkan potensi ekonomi di pesantren, ia berharap program santripreneur tersebut dapat melahirkan santri-santri yang memiliki jiwa wirausahawan yang tinggi.

Gubri mengungkapkan, tak hanya dikenal sebagai penghasil sawit terbesar di Indonesia, Riau juga terkenal memiliki santri yang banyak. Dengan begitu, ia merasa bangga memiliki banyak orang-orang saleh dan saleha di bumi melayu Riau.

"Pesantren tidak hanya pusat mencetak ulama, pusat untuk menyiapkan orang-orang paham agama tapi juga jadi pusat pemberdayaan dan paham dunia wirausahawan," tutupnya. (MCR/NV)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB