Senin, 24 Zulhijjah 1442 H | 02 Agustus 2021
Gubri Ajak Warga Manfaatkan Potensi Alam Sungai Geringging Lipatkain

KAMPAR - Kabupaten Kampar termasuk salah satu daerah paling banyak memiliki desa wisata, salah satunya berada di Desa Sungai Geringging Lipatkain.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak warga Sungai Geringging mengelola potensi yang dimiliki desa agar bisa menjadi objek wisata yang memiliki nilai jual.

"Kalau warga mengelola potensi alam yang ada di desa ini tentu Sungai Geringging akan menjadi salah satu desa wisata yang diburu wisatawan," katanya saat menghadiri panen raya buah kelengkeng di Ponpes Al Mujtahadah 2 Pesisir, Sungai Geringging Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupeten Kampar, Sabtu (3/10/20).

Menurutnya, sumber daya alam (SDA) yang dimiliki desa Sungai Geringgin sangat bagus untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Ia melihat, potensi wisata saat ini memiliki dampak besar bagi ekonomi masyarakat, apalagi desatinasi wisata alam sangat banyak diminati wisatawan.

Menanggapi hal itu, Ketua BPD Desa Sungai Geringging Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri, Nurdin menyambut baik arahan yang disampaikan Gubri Syamsuar.

Nurdin menjelaskan, Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa Sungai Geringging sendiri cukup potensial untuk mendukung destinasi wisata. Namun, ia mengaku hingga saat ini pengolahannya belum berjalan maksimal.

"Saat ini kami terus mengkampanyekan supaya warga mau bersama-sama mendukung dan mengolah potensi desa demi desa subur dan makmur," kata Nurdin.

Menurutnya, untuk menjadikan desa agrowisata, Sungai Geringgin sudah memiliki pesona alam yang indah, juga sudah tersedia lahan pertanian dan perkebunan yang subur.

Salah satu destinasi yang terkenal disana, sebut Nurdin, bendungan dengan luas 50 hektar. Sementara yang lainnya adalah dua buah air terjun yang jika dikelola dengan baik akan membuat nama desa Sungai Geringging dikenal publik sebagai daerah wisata.

Sebagai Gubri pertama yang langsung mengunjungi desa Sungai Geringging, Nurdin berharap dapat mendatangkan keuntungan baik dari sisi wisata, pertanian maupun perkebunan yang nantinya akan berdampak baik bagi perkembangan ekonomi masyarakat.

"Terimakasih pak Gubernur Syamsuar, semoga kedatangan bapak sebagai Gubernur Riau yang pertama datang ke desa kami membawa kemajuan bagi daerah kami," harapnya. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Ikuti Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan Wilayah

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Tim Gabungan Tilang 49 Kendaraan, Termasuk Truk ODOL

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:40:59 WIB

Ketua TP PKK Kampar Apresiasi PKK Riau Cegah Stunting

Kamis, 17 Juni 2021 | 14:28:43 WIB

GAPKI Riau Edukasi Sawit Baik Ke Tenaga Pendidik

Jumat, 11 Juni 2021 | 20:08:17 WIB

Polda Riau Ungkap Kasus Pupuk Oplosan di Kampar

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:45:47 WIB

Tim Kukerta UNRI Sukseskan Vaksinasi di Tapung Hilir

Selasa, 08 Juni 2021 | 10:44:18 WIB

Lalulintas Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Normal

Jumat, 07 Mei 2021 | 23:03:47 WIB