Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Taman Edukasi Pertanian Organik Diharapkan jadi Sarana Belajar Anak Milenial

Pekanbaru -  Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Riau memiliki Taman Edukasi Pertanian Organik. Di dalamnya, ada berbagai macam jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran anak dikala libur sekolah akibat pandemi Covid-19.

Taman Edukasi tersebut berlokasi di Jalan  HR Soebrantas, Kecamatan Tampan Pekanbaru. Tepatnya, berada di lingkungan Kantor DPTPH Provinsi Riau. 

Saat memperkenalkan Taman Edukasi tersebut, Selasa (6/10/2020), Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa keberadaan Taman Edukasi Pertanian Organik yang dibangun oleh jajarannya itu, tak hanya memberikan manfaat bagi Dinas tersebut. 

Lebih dari pada itu, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu juga berharap Taman Edukasi Pertanian Organik DPTPH Riau dapat memberi khazanah pengetahuan bagi kaum milenial tentang dunia pertanian.

"Saya terimakasih kepada bapak-ibu yang bisa telah menyiapkan taman edukasi pertanian ini, tentu ini bukan hanya untuk kepentingan bapak-ibu yang ada di dinas. Tapi juga untuk kepentingan masyarakat yang ada di Riau, khususnya kota Pekanbaru," kata Gubri.

"Terutama, tentunya bagi anak-anak kita. Ini bis kita promosikan untuk anak-anak kita yang ada di Pekanbaru. Mumpung anak-anak sekarang banyak libur, setidak-tidaknya dia bisa memanfaatkan taman ini. Misalnya belajar mengenal berbagai komoditi yang ditanam yang di tanam di sini," tambah Gubri.

Sebagai gambaran, bila berkunjung ke taman edukasi pertanian organik tersebut, Masya akan menemukan berbagai macam komoditi tanaman, mulai dari komoditi sayur-sayuran, tanaman pangan, serta tanaman palawija. 

Tak hanya itu, di taman tersebut juga disediakan berbagai demplot pembelajaran bercocok tanam. Mulai dari pola bercocok tanam konvensional, hidroponik hingga tumpang sari. Bahkan, juga ada pembelajaran terkait pengomposan.

Di taman tersebut, DPTPH Riau juga membangun sejumlah gazebo yang berfungsi untuk naungan, tempat untuk beristirahat maupun diskusi terbatas. (MCR/ger)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB