Ahad, 21 Rabiul Akhir 1442 H | 06 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Siak, Indra Agus Lukman berpesan kepada para pelaku usaha sektor pariwisata untuk membangun kepercayaan wisatawan dengan cara terus disiplin dan penuh kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Sidang Paripurna dalam rangka Hari Jadi ke–21 Kabupaten Siak Tahun 2020 secara Virtual, Senin (12/10/2020).

Dia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 tak hanya sektor pariwisata saja yang mengalami dampak. Namun sektor lainnya seperti pendidikan, sosial dan kesehatan juga mengalami hal serupa.

Untuk itu, ia menginginkan agar sektor pariwisata tetap tumbuh di era adaptasi kebiasaan baru saat ini.  Selan itu dia berpesan kepada pelaku usaha serta seluruh masyarakat Kabupaten Siak untuk terus menjaga kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan sebagai langkah mencegahan penyebaran virus Corona.

Selain penerapan protokol kesehatan katanya, kesiapan destinasi pariwisata juga harus diperhatikan, sebab hal itu juga dinilai dapat meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Siak. 

"Kita harus bisa mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk dapat menghidupkan kembali sektor-sektor pariwisata di Kabupaten Siak," ujarnya.

Dihadapan peserta Sidang Paripurna itu baik langsung maupun melalui zoom, Indra menginformasikan bahwa tanggal 9 Oktober 2020 kemarin, dua kebudayaan dari Kabupaten Siak ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indobesia, Nadiem Makarim.

"Dua kebudayaan ini yaitu Gambus Selondang dan Tari Podang," lanjutnya.

Masih kata Indra, hal itu menunjukkan bahwa pariwisata di Kabupaten Siak sudah mulai bangkit dan dikenal publik itu dibuktikan dengan diangkatnya dua kebudayaan tadi oleh Mendikbud RI. 

Ia berharap, masyarakat dan para pelaku sektor usaha pariwisata bisa terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga kepercayaan wisatawan tetap terjaga dan keadaan ekonomi bisa membaik. (MCR/NV)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Pjs Bupati Siak Puji Kelas Kominfo Riau

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:36:43 WIB

Siak Bakal Kuatkan Sektor Hilir untuk Jaga Ketahanan Pangan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:01:54 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Kawasan Hutan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 13:00:27 WIB

Gubri Sebut Sumber Kehidupan Bukan Hanya Dari Sawit

Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:19:14 WIB