Rabu, 5 Rabiul Awwal 1442 H | 21 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - PLN UP3 Pekanbaru telah meluncurkan program Bestari Riau 2020 (Bright Energy Support for Agriculture, Retail & Industry) untuk memberikan kemudahan pelayanan. Itu dilakukan kepada sektor agrikultur, retail dan industri di wilayah kerja PLN UP3 Pekanbaru yang mencakup 5 daerah. 

Wilayah di bawah naungan PLN Pekanbaru meliputi Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar, Pelalawan dan Rokan Hulu. 

"Berbagai macam kemudahan bisa didapatkan pelanggan maupun calon pelanggan melalui Program Bestari Riau 2020 dalam rangka mendapatkan energi listrik yang 'green' dan harga ekonomis," ujar Manager PLN UP3 Pekanbaru, Himawan Sutanto, Kamis (15/10).

Himawan menyebutkan, pada Agustus lalu, Badan Pusat Statistik mencatat bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang mengalami pertumbuhan paling tinggi di kala pandemi.  Peningkatannya hingga 16,24% pada triwulan pertama, di mana perekonomian nasional sedang mengalami penurunan 5,32%. 

"Adanya fakta ini meningkatkan semangat PLN untuk terus mendukung penggunaan tenaga listrik bagi petani. Saat ini sudah meluas sebagai tenaga penggerak, pemanas, dan pengolah mesin pertanian melalui layanan Electrifying Agriculture," jelas Himawan.

Himawan menyampaikan Program Bestari Riau 2020 merupakan bentuk keseriusan dukungan dari PLN untuk meningkatkan produktifitas sektor agrikultur, bisnis dan industri melalui program-program elektrifikasi dengan berbagai macam kemudahan layanan.

"Dalam pelaksanaan program Bestari Riau 2020 sudah melakukan komunikasi dan kerjasama dengan asosiasi pertanian/perkebunan, instansi pemerintah dan pelaku usaha," ucapnya.

Program itu juga menawarkan solusi yang bisa dimanfaatkan oleh calon pelanggan dunia usaha dan agrikultur. Antara lain, proses administrasi cepat, pembayaran biaya penyambungan dengan pola cicilan, diskon biaya penyambungan, komunikasi meeting online, konsultasi kelistrikan/instalasi free, fleksibilitas pola investasi jaringan.

"Bahkan PLN saat ini memberikan diskon biaya perubahan daya sebesar 75% untuk tarif bisnis melalui promo Super Merdeka," kata Himawan.

Himawan mengatakan, pada September 2020, PLN UP3 Pekanbaru telah melakukan implementasi program Bestari Riau 2020 dengan melayani pasang baru listrik perkebunan kelapa sawit PT Sewangi Sejati Luhur daya 865 kVA yang berlokasi di Rokan Hulu dan perkebunan PT Adei Plantation daya 555 KVA yang berlokasi di Pelalawan. 

Sementara untuk pomo diskon 75% biaya perubahan daya Super Merdeka yang di dominasi oleh sektor usaha retail telah dimanfaatkan oleh 1.111 pelanggan.

Mengapresiasi positif program Bestari Riau 2020, Manager Pabrik Kelapa Sawit,  Mahendra mengatakan, pelayanan pasang baru melalui Program BESTARI-Riau 2020 yang diberikan oleh PLN UP3 Pekanbaru memberikan dampak signifikan.

"Program ini sangat membantu untuk efisiensi biaya produksi. Khususnya efisiensi biaya bahan bakar diesel, dan Bestari Riau 2020 merupakan solusi untuk layanan kelistrikan Riau yang sebagian besar wilayahnya didominasi perkebunan kelapa sawit," kata Mahendra.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah  (Bapenda) Pemko Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyampaikan dengan adanya program Bestari Riau2020 dari PLN UP3 Pekanbaru, diharapkan dapat menjadi solusi kelistrikan untuk meningkatkan pertumbuhan sektor usaha dan retail di masa pandemi Covid-19 di Riau khususnya Kota Pekanbaru. (MCR/ASN) 

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

56 Qari dan Qariah Riau Jalani TC MTQ Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 | 22:14:03 WIB

Diterima Gubri, Apkasindo Bantu 50 Ribu Lembar Masker

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:34:21 WIB

Pemprov Riau Kembali Terima 100 Ribu Masker dari PT RAPP

Senin, 19 Oktober 2020 | 16:43:00 WIB

Perwako OTG Sudah Diteken Wali Kota Pekanbaru

Ahad, 18 Oktober 2020 | 14:42:18 WIB