Selasa, 9 Rabiul Akhir 1442 H | 24 November 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

DUMAI - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, Riau, memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2014 dengan menggelar apel peringatan dengan inspektur upacara Wakil Wali Kota setempat Agus Widayat, di Lapangan Komplek Perkantoran Terpadu, Jalan HR Subrantas..

Agus ketika itu, Selasa (17/6) menyebutkan, pemerintah mengingatkan agar setiap manusia senantiasa sadar dengan lingkungan sekitar, karena segala perilaku dan perbuatan yang menyangkut lingkungan akan beresiko terhadap kehidupan manusia.

"Diharapkan momen hari lingkungan hidup ini menyadarkan kita untuk bersama-sama menjaga lingkungan, terutama di daerah pesisir yang akan beresiko besar terjadi bencana jika masyarakat tidak menjaga dan melestarikan lingkungan," katanya.

Menurutnya, salah satu penyebab kerusakan lingkungan yang perlu diantisipasi adalah perubahan iklim akibat pemanasan global yang berdampak terhadap kehidupan di muka bumi.

Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya frekuensi hujan dengan instensitas yang sangat tinggi, ketidakpastian musim hujan maupun kemarau, dan munculnya berbagai bencana seperti kekeringan, badai, banjir dan longsor.

"Saat ini masih ditemukan berbagai bencana disebabkan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berwawasan lingkungan hidup, sehingga perlu dilakukan koreksi mendalam agar pengelolaan dan pemanfaatan dapat mensejahterakan masyarakat dan tidak menimbulkan bencana," terangnya.

Selain komitmen pemerintah, lanjutnya, keterlibatan semua pemangku kepentingan adalah kunci keberhasilan. Pemerintah dituntut menyusun program pro rakyat serta memfasilitasi kebutuhan rakyat dan masyarakat dibutuhkan keterlibatannya dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Peringatan hari lingkungan hidup 2014 ini diharapkan menjadi momentum  pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup secara lebih konsisten dengan komitmen yang lebih tinggi serta mendorong pemanfaatan sumber daya alam secara arif.

"Perhatian terhadap kerusakan serta dampak perubahan iklim terhadap ekosistem pesisir menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kesamaan pandang dan langkah antara pemerintah dan pemerintah daerah perlu lebih ditingkatkan," harapnya.

Upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup dihadiri para pimpinan daerah, sejumlah kepala badan, dinas, kantor, bagian, camat dan lurah se-Dumai serta penggiat lingkungan dan unsur masyarakat. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Gubernur Corner (14 November 2020)

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB

Tol Pekanbaru-Dumai Telan Biaya Investasi Rp12,18 Triliun

Jumat, 25 September 2020 | 17:04:02 WIB