Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

SIAK - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak masyarakat mewujudkan kolaborasi dan sinergi untuk bersama menjaga keutuhan kawasan hutan. Hal ini ditujukan agar mendapatkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas lingkungan hidup demi kemajuan kehidupan.

"Dengan komitmen pembangunan Riau hijau, mari kita jaga hutan sebagai penyangga kehidupan dan penggerak roda ekonomi masyarakat untuk terwujudnya cita-cita kehidupan masyarakat Riau yang sejahtera, berdaya saing dan bermartabat," ungkapnya saat meresmikan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tasik Besar Serkap Resort Dosan Kabupaten Siak, Kamis (15/10/2020).

Selain itu Gubri mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui unit pengelolaan kawasan hutan atau Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berkomitmen untuk terus melahirkan kerja sama berbasis masyarakat lokal.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, salah satu strategi Pemprov Riau saat ini dalam menjaga keutuhan kawasan hutan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan yaitu melalui pemberian akses legal bagi masyarakat untuk mengelola sumber daya di dalam kawasan hutan.

"Strategi ini agar masyarakat turut merasakan manfaat keberadaan kawasan hutan di wilayah masing-masing yang akan mampu menjaga kelestarian sumber daya dan keutuhan kawasan hutan," ujarnya.

Gubri mengharapkan, masyarakat sebagai pelaku usaha berbagai kegiatan ekonomi dalam pengelolaan kawasan hutan dengan tetap memperhatikan aspek keseimbangan makhluk hidup dan dinamika sosial budaya supaya harmonis dan berkelanjutan.

"Kami harap masyarakat setempat di sekitar lahan hutan boleh menanam tanaman produktif. Tapi, bukan tanam sawit, sebab sawit bukan satu-satunya sember kehidupan. Walaupun juga banyak sekarang sumber kehidupan dari sawit, tapi masih banyak lainnya," tutupnya. (MCR/AQB)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Pjs Bupati Siak Puji Kelas Kominfo Riau

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:36:43 WIB

Siak Bakal Kuatkan Sektor Hilir untuk Jaga Ketahanan Pangan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:01:54 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Kawasan Hutan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 13:00:27 WIB

Gubri Sebut Sumber Kehidupan Bukan Hanya Dari Sawit

Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:19:14 WIB