Sabtu, 15 Rabiul Awwal 1442 H | 31 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya membuka seminar online Aparatur Sipil Negara (ASN) Corporate University ditaja oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau secara virtual berlangsung di Ruang Rapat Rumah Dinas Sekdaprov Riau, Sabtu (17/10/2020).

Dalam sambutannya Sekdaprov Riau ini mengatakan pengembangan ASN dengan sistem Corporate University ini sesuai dalam Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Hal ini juga sejalan dengan Misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yaitu mewujudkan SDM yang beriman, berkualitas dan berdaya saing global melalui pembangunan manusia seutuhnya.

"Karena itulah, pengembangan kompetensi ASN perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan," katanya.

Ia juga menyampaikan strategi pengembangan karir PNS di Riau mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS. 

"Dengan melakukan pengembangan kompetensi ASN dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi ( Corporate University)," jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pengembangan dan peningkatan kompetensi ASN masih ada kelemahan dan kekurangannya. Di samping itu juga masih ada ASN yang menempati jabatan yang kurang sesuai dengan kompetensinya dan pengelolaan pengembangan kompetensi ASN masih dilakukan dengan cara - cara lama (konvensional) dan belum berkaitan dengan perkembangan era dan kebutuhan prioritas OPD di lingkungan Provinsi Riau.

"Untuk itu tanggung jawab untuk menyediakan Sumber Daya Aparatur pada Pemerintah Provinsi Riau sangat besar, untuk menghasilkan kualitas ASN berkompetensi," tuturnya.

Yan Prana Jaya menambahkan,hal ini menjadi program prioritas pengembangan ASN secara nasional dan penerapannya dilakukan pada program pembangunan pemerintah provinsi Riau. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya aparatur yang handal baik secara akademik maupun subtansi dalam mengembangkan program tersebut terutama pada sistem kediklatan kedepannya.

Selanjutnya, ia menuturkan kompetensi ASN pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi (Corporate University) dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kompetensi ASN dalam mencapai tujuan strategis Pemprov Riau dan dapat membangun SDM dan budaya kerja pelayanan publik sesuai dengan visi misi Pemerintah Provinsi Riau.

"Harapannya melalui seminar ini  dapat mewujudkan kompetensi ASN sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Provinsi Riau dan dapat ditindaklanjuti dengan penyiapan Roadmap Implementasi ASN Corporate University," tutupnya. (MCR/DW)

Video

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Berita Terkait

Hari ini Status Siaga Darurat Karhutla Riau Resmi Dicabut

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 19:37:34 WIB

263 CPNS Pemprov Riau Dinyatakan Lulus SKD-SKB

Jumat, 30 Oktober 2020 | 16:33:31 WIB

BKD Riau Umumkan Hasil Seleksi CPNS Riau Secara Online

Jumat, 30 Oktober 2020 | 16:29:33 WIB