Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Rencana Perluasan Lahan Pangan, Pemprov Riau Tunggu Arahan Pusat 

PEKANBARU - Sejauh ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait perluasan lahan pangan yang rencananya bakal digarap pada tahun 2021. 

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Riau Syahfalefi mengatakan, saat ini pihaknya baru menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan untuk merealisasikan rencana tersebut. 

"Itu rencana 2021, tentu sekarang sifatnya baru rapat-rapat persiapan. Apalagi ranah anggaran tidak di kita, kita paling menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan," ujarnya Senin (19/10/2020) di Pekanbaru. 

Terkait rencana perluasan lahan pangan ini, sebelumnya ada dua kementerian yang telah menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Provinsi Riau, yakni Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan. 

Kala itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian berencana menggarap lahan seluas 22 ribu hektar, sementara Kementerian Pertahanan memerlukan lahan seluas 36 ribu hektar dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di wilayah setempat.

"Riau mempersiapkan lahan tanaman pangan seluas 22 ribu hektar. Hari ini tim dari Kementerian Pertanian sudah turun ke Inhil, ada dua lokasi yang disiapkan, jadi Inhil dan Rohil dipersiapkan untuk menambah dari tanaman pangan yang sudah ada saat ini," tuturnya.

"Disamping itu juga ada program Pak Menteri Pertahanan untuk yang sekarang membutuhkan lahan seluas 36 ribu hektar yang ada di Riau ini," terangnya lagi.

Dikatakan Gubri saat itu, pihaknya telah melakukan inventarisasir terhadap lahan-lahan eks perusahaan di wilayah setempat yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mendukung program peningkatan ketahanan tersebut, khususnya terkait pengembangan tanaman padi dan jagung. (MCR/ger)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB