Ahad, 21 Rabiul Akhir 1442 H | 06 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri panen buah jagung di Kebun Jagung Kelompok Tani Santri Indonesua di RA Kopi Aren Agrowisata jalan Palas, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Senin (19/10/2020).

"Alhamdulillah bahwa hari ini kami bisa melihat tanaman jagung yang awalnya diminta oleh Ketua Umum DPP Santri Tani Indonesia, Tengku Rusli Ahmad ini untuk menanam perdana tiga bulan lalu. Jadi alhamdulillah hari ini sudah panen," ujarnya.

Gubri mengatakan, panen jagung hari ini dilihat dari hasilnya cukup memuaskan karena buah jagung yang sudah di panen tadi penuh dari hasil-hasil buah jagung. Jagung ini, lanjutnya, sesuai dengan kualitasnya.

"Inilah yang akan dikembangkan di wilayah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau ini dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan," ungkapnya.

Gubri mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau untuk mengingkatkan produksi tanaman pangan, baik tanaman padi maupun tanaman jagung serta ubi. Hal ini karena Riau butuh tentunya untuk persiapan pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 karena semua negara sekarang adalah butuh pangan.

Oleh karenanya, lanjut Gubri, saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menggalakan upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, baik meningkatkan usaha tanaman padi, tanaman jagung, dan juga tanaman ubi.

"Ini semua adalah bagian untuk meningkatkan tahanan pangan yang ada di Riau," jelasnya.

Terlebih lagi, ungkap Gubri, sudah banyak lahan-lahan yang telah dipersiapkan untuk tanaman pangan. Baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun juga yang dikelola oleh masyarakat sendiri.

"Inilah upaya kita tentunya agar nanti Riau ini juga ketahanan pangan nya, juga cukup bagus sehingga juga dapat mengsupport daerah-daerah lain yang ada di Indonesia," tutupnya. (MCR/AQB)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

BPBD Riau Petakan TPS Rawan Banjir

Rabu, 02 Desember 2020 | 14:16:22 WIB