Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Dengan Data Yang Akurat Penyelesaian Kemiskinan Lebih Terarah

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya menyampaikan bahwa untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan di Provinsi Riau salah satunya adalah diperlukan data yang akurat.

"Sehingga jika ada data maka akan lebih terarah penanganannya," tutur Yan Prana saat mendampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution dalam rapat kerja bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Riau, di Ruang Rapat Rumah Dinas Wakil Gubernur Riau, Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika kita ingin menyelesaikan persoalan kemiskinan tentunya berkaitan dengan data. Dengan akuratnya data tersebut, pihaknya bisa jelas akan mengarahkan tindakan pengentasan kemiskinan ke mana. Adapun data dari Dinas Sosial terkait data orang miskin ini harus sesuai dengan by name by address juga ditambahkan dengan mata pencahariannya agar program pemerintah lebih terarah dan tepat sasaran.

"Contohnya berkaitan dengan PUPR ingin membangun rumah layak huni tentunya perlu data orang miskin yang secara data terkait rumahnya hal ini agar lebih tepatnya program pemerintah juga terarah dan tepat sasaran," jelasnya.

Selain itu juga, ia menjelaskan kelengkapan data ini bisa menjadi acuan dalam penganggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun berikutnya supaya APBD lebih tepat dan fokus pada penanggulangan kemiskinan.

"Untuk itu setiap orang yang telah ditunjuk sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau terkait TKPK lebih memahami tugasnya agar bisa lebih fokus menjalankan tugas kedepannya," ujarnya.

Menurutnya, sehingga nantinya saat pembahasan lebih fokus menjabarkan hal yang harus dilakukan kedepannya terkait program apa yang menjadi sasar dalam program perencanaan APBD atau program CSR atau wakaf atau zakat. Berdasarkan SK Gubernur Riau Nomor Ktps. 1445/X/2020  keanggotaan TKPK Provinsi terdiri atas unsur pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

"Data kemiskinan juga perlu di update sehingga bantuan yang bisa diberikan tepat sasaran dan terorentasi untuk itulah perlunya koordinasi dalam hal ini," tutupnya. (MCR/DW)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB