Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Ketua TP PKK Riau, Hj Misnarni Syamsuar (kanan) memberikan apresiasi hasil kerajinan tangan masyarakat Kota Dumai.

DUMAI - Merasa kagum, Ketua TP PKK Riau, Hj Misnarni Syamsuar memberikan apresiasi hasil kerajinan tangan masyarakat Kota Dumai. Terutama pada kerajinan Songket dan Batik khas Dumai yang tidak kalah saing dengan batik-batik luar Riau.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Riau, Hj Misnarni Syamsuar, saat mengunjungi hasil kerajinan tangan masyarakat kota Dumai, Jumat (23/10) di gedung Deskranada, yang merupakan gedung galeri kerajinan tangan masyarakat yang terdiri dari berbagai produk kerajina tangan. Diantaranya aneka kuliner, kerajinan merajut benang, ukiran kayu, batik dan songket.

Dalam kunjungan tersebut, Istri Gubernur Riau yang juga merupakan sosok pencinta dan peduli pada kearifan lokal ini, didampingi lansung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Dumai, Riau ibu Hj Haslinar Zulkifli As. Dimana disela-sela kunjungan tersebut Hj Misnarni sempat berdiskusi dengan para pengrajin, tentang pengembangan desain dan corak tenun songket khas Dumai yang identik dengan kota pelabuhan dan hutan bakau.

Bahkan, beliau juga sempat memberikan masukan-masukan desain untuk beberapa produk agar bisa terus dikembangkan lebih baik lagi. Seperti Kerajinan Songket yang bisa menampilkan motif-motif menarik dan mengandung filosofi dan sejarah daerah.

"Yang saat ini sangat cukup bagus dan tidak kalah saing dengan batik-batik dari luar Riau. Jika bisa terus ditingkatkan dengan menampilkan motif-motif terbaru," katanya.

Disela kegiatan tersebut, Hj Misnarni juga menyempatkan diri untuk melihat proses pembuatan batik yang ada di kawasan wisata Bandar Bakau. Dimana beliau juga sempat mencoba membatik dan mensupport para pembatik untuk terus berkarir dalam mebatik kedepan.

"Ini merupakan kreatif yang juga tidak semua orang bisa melakukan. Untuk itu terus berkarya dan menampilkan hal-hal baru yang bisa menjadi daya tarik pada konsumen," tuturnya.(MCR/AZ). 

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB