Ahad, 17 Rajab 1442 H | 28 Februari 2021
Gubernur Riau H Syamsuar

ROHIL - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meminta pemerintah kabupaten/kota di Riau, dapat memanfaatkan lahan kosong ditanam tanaman produktif untuk meningkatkan ketahanan pangan. 

Ajakan itu disampaikan Gubri Syamsuar saat panen buah dan sayur-sayuran di Kebun Edukasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Sabtu (24/10/2020). 

Gubri menilai upaya yang dilakukan Pemkab Rohil selaras dengan arahan oleh Presiden dan kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meningkatkan pertahanan pangan. 

"Ini upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dan upaya ini juga sudah digerakkan oleh TNI/Polri," ujar mantan Bupati Siak dua periode ini. 

Sebab, lanjut Gubri, dengan adanya upaya penanaman di aset-aset tanah pemda, dan kecamatan dibudidayakan agar tanah aset dapat dipelihara dengan baik, dan bisa produktuif.  

"Kami apresiasi terhadap usaha yang dilakukan Pemkab Rohil, dan terima kasih terhadap pak Bupati yang memiliki perhatian terhadap ketahanan pangan, sehingga aset pemda ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Dan bukan hal yang mustahil tanaman buah ini bisa menjadi sumber pendapatan daerah juga," ujarnya.  

Untuk itu, Gubri mengajak pemerintah kabupaten/kota agar tanah-tanah milik pemerintah daerah yang selama ini tidak dimanfaatkan dapat dimaksimalkan. 

"Ini juga sekaligus untuk memelihara aset karena sangat rawan terhadap hilangnya aset karena salah pemanfaatan. Dan kami juga di provinsi sudah memanfaatkan lahan Pemprov Riau untuk penanaman jagung. Itu ada dua lokasi di Pasir Putih dan Kubang Raya," tutupnya. 

Sementara itu, Pjs Bupati Rohil Rudyanto yang ikut mendampingi Gubri mengatakan, kebun edukasi Pemkab Rohil ini untuk memberi pembelajar kepada kecamatan dan masyarakat.

"Jadi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang memberi pelatihan kepada masyarakat. Dan lahan yang dimanfaatkan seperti ini sudah banyak di Rohil. Bahkan lahan di kecamatan juga dimanfaatkan untuk ketahanan pangan," singkatnya. 

Saat panen buah dan sayur-sayuran, Gubri juga didampingi Ketua TP PKK Riau Misnarni Syamsuar, Kepala Disperindag dan UKM Riau Asrizal, serta pejabat Pemprov Riau dan Pemkab Rohil lainnya. (MCR/amn) 

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Gubri Bersama Danrem 031/WB Hadiri Panen Raya Padi di Rohil

Kamis, 10 September 2020 | 20:34:13 WIB

Mahasiswa Unri Buka Pos Penjagaan Covid-19 di Pedesaan Rohil

Sabtu, 05 September 2020 | 10:31:16 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Rohil Jadi 34 Kasus

Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:14:23 WIB

Tambah 18 Kasus Positif Covid-19 Rohil Masuk Zona Merah

Senin, 03 Agustus 2020 | 18:27:57 WIB

Pecah Telor, 1 Warga Rokan Hilir Positif Virus Corona

Selasa, 21 Juli 2020 | 20:23:52 WIB

Gubri Harapkan Rokan Hilir Pertahankan Zona Hijau

Selasa, 23 Juni 2020 | 11:17:14 WIB