Senin, 24 Zulhijjah 1442 H | 02 Agustus 2021
Jelang Libur Panjang 28-30 Oktober, Dispar Riau Gencar Sosialisasi di Sejumlah Destinasi Wisata
Tim Dispar Riau melakukan sosialisasi tata cara protokol kenormalan baru, sekaligus membagikan brosur di destinasi wisata Pantai Koneng, kota Dumai, pada Sabtu (24/10/2020) pekan lalu.

PEKANBARU - Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau, melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan di sejumlah destinasi wisata. Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi lonjakan wisatawan, sekaligus untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. 

Sebelumnya, Pemerintah telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 440/5876/SJ dan Pengumuman Gubernur Riau nomor 310/PENG/2020, tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Dalam surat itu disebutkan, agar dapat mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan dan mentaati protokol kesehatan yang baik, selama pelaksanaan libur panjang dan cuti bersama pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, melalui Kepala Bidang Destinasi, Aulia fachrani Nasution, mengatakan, bahwa Dispar Riau telah melakukan sosialisasi tata cara protokol kenormalan baru, sekaligus membagikan brosur dan masker gratis kepada pengelola destinasi, pengunjung, dan para pekerja di destinasi wisata kota Dumai, pada Sabtu (24/10/2020) pekan lalu. 

"Dispar Riau baru saja melakukan sosialisasi kepada pengelola dan pengunjung destinasi wisata, juga masyarakat di sekitar destinasi wisata Kota Dumai. Terutama destinasi wisata pantai yang akhir-akhir ini padat pengunjung setelah beroperasinya Tol Pekanbaru-Dumai," kata Aulia melalui keterangan resminya, Senin (26/10/2020). 

Aulia mengungkapkan, selain melakukan sosialisasi, Tim Dispar Riau juga mengecek kesiapan destinasi wisata dalam melaksanakan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, masker dan kebutuhan lainya. 

"Tim kami telah memamantau kesiapan destinasi wisata dalam melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari pintu masuk sampai di tempat-tempat berkumpulnya wisatawan. Tim juga memberi saran kepada pengelola untuk menyertakan brosur SOP Penerapan Protokol Kenormalan Baru Destinasi Pariwisata dan masker juga handsanitizer dalam memberikan setiap tiket masuk para wisatawan berkunjung," ungkap Aulia. 

“Kami turun ke sejumlah destinasi wisata terutama pada destinasi wisata bahari di sepanjang pantai Puak Teluk Makmur, mulai dari Pantai Pulai Bungkuk, Pantai Bahtera, Pantai Marina, sampai ke destinasi yang akhir-akhir ini sedan viral di media sosial imbas hadirnya Tol Pekanbaru-Dumai, yakni Pantai Koneng," tutur Aulia. 

"Selain destinasi pantai di Teluk Makmur, kami juga melakukan hal yang sama di destinasi lain seperti Pantai Purnama, Taman Bukit Gelanggang, Bandar Bakau dan destinasi lainnya di Kota Dumai," tuturnya lagi. 

Aulia menjelaskan, pada kegiatan sosialisasi tersebut, Tim Dispar Riau juga bekerja sama bersama Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Dumai, Genpi Riau, dan Genpi Dumai. Menurutnya, sosialisasi ini guna memberikan kepercayaan kepada wisatawan, untuk dapat berkunjung ke Dumai. (MCR/ASN).

Video

Gubernur Riau Ikuti Rakor Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan Wilayah

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB