Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera, Amran Feri menegaskan bahwa Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) sangat penting dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah daerah. Seperti daam penetapan status siaga karhutla atau status siaga pencemaran udara semua diputuskan berdasarkan hasil ISPU. 

"Makanya sangat penting bagi kita untuk menyamakan persepsi terkait dengan ISPU ini. Karena ISPU merupakan salah satu indikasi untuk mengambil kebijakan yang berimplikasi kepada masyarakat luas, diantaranya sebagai dasar untuk penetapan status, dan kebijakan meliburkan anak sekolah saat udara masuk kategori berbahaya," kata Amran usai memimpin rapat koordinasi Karhutla di Kantor P3E Sumatera, Jalan Subrantas Pekanbaru, Senin (26/10/2020). 

"Disisi lain, ISPU juga digunakan untuk mengukur udara saat terjadi Karhutla, bahwa diwilayah itu udaranya masih aman atau tidak. Karena ada daerah yang tidak terjadi Karhutla bisa saja udara berbahaya dan itu semua bisa diukur kalau diwilayah itu ada ISPUnya," imbuhnya.

Amran menegaskan, bahwa ISPU yang ditampilkan di display yang ada di sejumlah titik di Kota Pekanbaru dan kabupaten kota di Riau bukan lah hasil realtime yang terjadi saat itu. Namun hasil tersebut merupakan hasil pengukuran yang dilakukan 24 jam sebelumnya. 

"Selama ini, banyak orang yang bertanya, udaranya tebal kabut asapnya, tapi kok displaynya tidak menunjukkan dilevel berbahaya, jadi perlu saya sampaikan, bahwa ISPU ini pengukuranya 24 jam. Jadi hasil ISPU yang ditampilkan di display hari ini, itu adalah hasil pengolahan ISPU kemari, tidak bisa realtime," katanya. (MCR/SA)

 

 

 

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB

Wagubri Serahkan PGRI Award untuk Guru Guru Berprestasi 

Kamis, 26 November 2020 | 13:48:34 WIB

Gubri: Pemprov Riau Akan Mempercepat Proses Tender Proyek

Rabu, 25 November 2020 | 13:22:57 WIB

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB