Selasa, 19 Rajab 1442 H | 02 Maret 2021
Gubri Serahkan Dana Zakat Baznas Riau Tahun 2020

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri penyaluran dana zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (29/10/20).

Dalam acara itu, Gubri menyerahkan secara simbolis biaya pendidikan dan zakat, diantaranya Biaya Pendidikan untuk Sekolah Muhammadiyah, Biaya Pendidikan untuk Sekolah NU, Biaya Pendidikan untuk Sekolah Perti, Asrama Mahasiswa untuk Mahasiswa Miskin Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan UIN Suska Riau serta Zakat untuk Mustahiq Produktif Kabupaten/Kota sebesar Rp 3.600.000.000.

Atas hal tersebut, Gubri Syamsuar mengucapkan terimakasih dengan bantuan yang diberikan Baznas Provinsi Riau dalam membantu dunia pendidikan di Bumi Lancang Kuning maupun bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya, dengan adanya Baznas ini sangat banyak membantu Pemeritah Daerah. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh Pemerintah Daerah supaya serius dalam mengelola Baznas yang ada di daerahnya masing-masing.

Gubri mengaku, pihaknya pernah diamanahkan untuk menjabat salah satu Kepala Bidang di Baznas Siak. Dengan menjalankan amanah tersebut, mantan Bupati Siak dua periode ini membuktikan secara nyata bahwa Baznas sangat banyak membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat di Siak kala itu.

"Baznas sangat banyak memberikan kemudahan. Jadi kalau ada Pemerintah Daerah yang tidak mau meningkatkan Baznas didaerahnya sangat rugi sekali," tutur Gubri.

Ditempat yang sama, Kepala Baznas Provinsi Riau Saidul Amin menjelaskan saat ini Baznas Riau memiliki program pendidikan berupa Asrama Baznas di Perguruan Tinggi yang saat ini ada di dua kampus yaitu Unilak dan UIN Suska Riau.

Perguruan tinggi kata Saidul adalah nadi suatu bangsa. Untuk itu ia tidak ingin melihat anak muda Riau yang tidak bisa melanjutkan kulaih hanya disesbabkan tidak bisa membayar uang kuliah.

"Untuk itu kami (Baznas) meluncurkan program ini supaya anak Riau bisa melanjutkan kuliah dan meraih cita-citanya," terangnya.

Selain itu, Baznas Riau juga memiliki program Peduli Ormas dan program Memberikan Bantuan Zakat untuk setiap Baznas di kabupaten/kota sebesar Rp 300.000.000

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan Baznas di daerah bisa berkembang dan memiliki banyak program yang bisa membantu pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan," harapnya. (MCR/NV)

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Kolaborasi Vaksinasi Bagi Pedagang Pasar di Pekanbaru

Senin, 01 Maret 2021 | 16:02:29 WIB

Luas Panen Padi Riau Naik 1,59 Ribu Hektar

Senin, 01 Maret 2021 | 15:26:15 WIB

Gubri Buka Rembug Paripurna KTNA Provinsi Riau

Ahad, 28 Februari 2021 | 14:53:14 WIB

Ini Pesan Plh Sekdaprov Riau dalam HUT Pertama DMDI Riau

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:24:38 WIB