Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Salah satu program yang digagas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau yakni program Asrama di Perguruan Tinggi.

Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Junaidi sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas program yang digagas tersebut. Sebab menurutnya program itu sangat membantu dan dibutuhkan oleh mahasiswa Riau yang terkendala dengan ekonomi.

"Dengan adanya program ini mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa sangat terbantu," terang Junaidi dalam acara Penyaluran Zakat Baznas Provinsi Riau tahun 2020 yang digelar di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (29/10/2020).

Sebagai universitas umum yang tidak memiliki prodi ilmu agama, Junaidi mengaku senang ketika program asrama tersebut diletakkan di kampusnya. Dengan begitu lanjutnya, Unilak tidak hanya bisa memberikan pelajaran umum saja namun agama juga akan diajarkan disana.

"Berbeda dengan UIN, Unilak merupakan kampus umum. Program ini sangat bagus ada di Unilak, sehingga pada waktu sore dan malam hari mahasiswa bisa belajar ilmu agama," jelasnya.

Dalam penerimaannya, Junaidi mengaku melakukan penyeleksian dengan ketat. Sehingga, dana yang diperuntukkan dalam program asrama tersebut tepat sasaran. 

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 25 mahasiswa yang mendapatkan biaya dari program Asrama Baznas itu. 

Selama dalam tanggung jawab program Asrama Baznas tak hanya uang kuliah saja yang dibayarkan, tetapi biaya hidup dan asrama juga ditanggung.

"Selain itu, mahasiswa juga diberikan kebebasan dalam memilih jurusan yang diinginkannya," Junaidi menuturkan.

Tidak hanya itu, Junaidi juga menyebutkan mahasiswanya tak hanya dibekali ilmu umum dan agama saja, namun juga dikenalkan dengan wirausaha.

"Setelah mereka mendapatkan gelar sarjananya, mahasiswa ini juga kaya dengan ilmu agama dan pandai dalam berwirausaha," harapnya.

Di lain pihak Ketua Baznas Riau Saidul Amin menyebutkan, saat ini Baznas Riau sedang menjalankan beberapa program salah satunya program Asrama di Perguruan Tinggi.

Yang mana sudah berjalan di Unilak dan UIN Siska Riau, lanjutnya, setelah melalui diskusi yang panjang sehingga terpilihlah dua universitas tersebuh dalam menjalankan program itu.

"Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban mahasiswa Riau yang hendak belajar di perguruan tinggi," pungkasnya. (MCR/NV)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Syukuran HUT Ke 70 Polairud Digelar Secara Sederhana

Rabu, 02 Desember 2020 | 08:27:52 WIB

Ini Tanggapan Wagubri Terkait Konflik Perkebunan di Riau

Selasa, 01 Desember 2020 | 21:58:23 WIB

Begini Penjelasan Jumlah Kasus Penderita HIV/AIDS di Riau

Selasa, 01 Desember 2020 | 19:58:24 WIB

Proses Penyerahan DIPA dan TKDD Dilakukan Lebih Awal 

Selasa, 01 Desember 2020 | 15:13:05 WIB

Awal Januari, OPD Pemprov Riau Harus Mulai Proses Lelang

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:57:48 WIB

Pasar Murah Diharapkan Jadi Ajang Penjualan Produk UKM

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:47:08 WIB

Gubernur Riau Positif Covid-19 Setelah Swab Kedua

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:28:03 WIB