Rabu, 17 Rabiul Akhir 1442 H | 02 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Menteri Koordinator Kemaritiman Dan Investasi (Menko Manves) RI Luhut Binsar Panjaitan meminta para Gubernur untuk melakukan pengecekan langsung terkait perbaikan data dan sistem informasi manajemen Covid-19. 

"Kepada Gubernur untuk melakukan pengecekan data ini secara langsung atau diwakilkan oleh Wakil Gubernur atau Sekda," katanya saat Rapat Antisipasi Dampak Long Holiday secara virtual diikuti oleh Wakil Gubernur Riau Wagubri Edy Natar Nasution, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (30/10/2020).

Menko Luhut menyampaikan perlu kolaborasi pemerintah pusat dan daerah untuk perbaikan data dan sistem informasi manajemen ini. Untuk itu, dibutuhkan peran Pemerintah Daerah (Pemda) diantaranya menegakkan kepatuhan input data fasilitas kesehatan, laboratorium dan dinas kesehatan dengan lengkap dan akurat.

Kemudian, ia menambahkan peran Pemda juga yaitu melakukan pemetaan laboratorium di provinsi secara dinamis (utilisasi laboratorium dan distribusi spesimen).

"Hal ini juga perlu di cek terkait apa yang kurang dan lebihnya sehingga data kita betul-betul akurat saat di input ke pusat," ujarnya.

Karena menurutnya, salah satu bottleneck upaya testing dan tracing di Indonesia yaitu dengan melakukan pencatatan dan pelaporan. Untuk itu di tingkat pusat sedang melakukan perbaikan sistem informasi manajemen (NAR) bersama Kemenkes, Telkom sigma bagi dari infrastruktur digital maupun performa dari aplikasi tersebut.

Menko Manves RI ini menuturkan kerja sama dari Pemda sangat dibutuhkan dalam hal memastikan akurasi dan kelengkapan data yang diinput setiap hari hal ini agar tidak terjadi penumpukan data. 

"Pemda juga harus memastikan tercukupi tenaga entry data di laboratorium dan fasilitas kesehatan (falkes), agar tidak terjadi penumpukan data," tuturnya. 

Selanjutnya, Pemda harus mendorong kepatuhan input data falkes dan laboratorium secara bertahap mulai dari surat edaran yang sifatnya persuasif hingga pemberian sangsi jika diperlukan.

"Dan menyelesaikan antrian data yang belum di input ke sistem NAR, dengan mengerahkan tenaga tambahan untuk mengejar input data tersebut," pu ngkasnya. (MCR/DW)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Syukuran HUT Ke 70 Polairud Digelar Secara Sederhana

Rabu, 02 Desember 2020 | 08:27:52 WIB

Ini Tanggapan Wagubri Terkait Konflik Perkebunan di Riau

Selasa, 01 Desember 2020 | 21:58:23 WIB

Begini Penjelasan Jumlah Kasus Penderita HIV/AIDS di Riau

Selasa, 01 Desember 2020 | 19:58:24 WIB

Proses Penyerahan DIPA dan TKDD Dilakukan Lebih Awal 

Selasa, 01 Desember 2020 | 15:13:05 WIB

Awal Januari, OPD Pemprov Riau Harus Mulai Proses Lelang

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:57:48 WIB

Pasar Murah Diharapkan Jadi Ajang Penjualan Produk UKM

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:47:08 WIB

Gubernur Riau Positif Covid-19 Setelah Swab Kedua

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:28:03 WIB