Selasa, 18 Zulhijjah 1442 H | 27 Juli 2021
Kehadiran Internet Beri Manfaat Bagi Masyarakat Desa 
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski (tengah) saat mengikuti rapat bersama Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual terkait Wilayah Blankspot Mobile Broadband (4G) di Wilayah Provinsi Riau di Kantor Diskominfotik Riau, Jumat (6/11/2020).

PEKANBARU - Seiring dengan perkembangan zaman, kehadiran teknologi semakin dirasakan bagi kehidupan sehari-hari bahkan manfaatnyapun sangat besar dalam kehidupan masyarakat desa. 

Itu diutarakan Kepala Dinas Komunikasi Informarika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski saat mengikuti rapat bersama Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual terkait Wilayah Blankspot Mobile Broadband (4G) di Wilayah Provinsi Riau di Kantor Diskominfotik Riau, Jumat (6/11/2020). 

Saat ini banyak usaha-usaha yang dimiliki masyarakat pedeasaan yang mana tujuannya juga untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat. Terutama jika ditunjang dengan akses internet yang memadai. 

Riski mengatakan, ada banyak manfaat yang dirasakan masyarakat desa dengan kehadiran internet yakni sebagai media komunikasi desa, transparansi anggaran desa, sebagai sistem informasi data dan menunjang bisnis online di masyarakat. 

Lebih lanjut, ia memaparkan tujuan yang diperolehpun juga banyak diantaranya pertama, terlaksananya perkembangan teknologi informasi yang dapat dijadikan sebagai salah satu indikator kemajuan suatu daerah. 

"Internet juga bertujuan terwujudnya perkembangan teknologi informasi mulai dari penyelenggaraan pemerintah sampai kehidupan masyarkat," lanjutnya. 

Ketiga, mendorong perkembangan bisnis di lingkungan masyarakat desa yang berbasis teknologi informasi. Keempat, mengungkit perekonomian masyarakat yang mempuni (mempercepat proses pemasaran hasil komoditi secara online). 

"Serta dengan adanya internet juga mewujudkan teknologi informasi yang menjadikan smart village atau desa digital," pungkasnya. 

Tidak hanya itu, internet juga dianggap penting di pedesaan karena pemerintah desa bisa dengan mudah menyebarkan informasi kepada seluruh warga desa seperti berita penting, pengumuman warga, peringatan dini, regulasi baru, penyelenggaraan pendidikan jarak jauh serta mempermudah komunikasi antar desa. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Harga Bahan Olahan Karet Rakyat di Riau Stabil

Senin, 26 Juli 2021 | 21:01:05 WIB

Gubri Targetkan Revisi RPJMD Riau Tuntas Satu Pekan

Senin, 26 Juli 2021 | 16:14:19 WIB

Besok Hari Terakhir Pendaftaran CASN

Ahad, 25 Juli 2021 | 12:54:22 WIB