Kamis, 17 Jumadil Akhir 1443 H | 20 Januari 2022

BENGKALIS - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution bersama masyarakat Desa Sungai Siput Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis melakukan penanaman padi di lokasi Penangkaran Benih Padi dalam rangka Mendukung Riau Bertani 2020-2024 bertajuk 'Benih Tersedia Petani Sejahtera', Kamis (12/11/2020). 

"Kami mengapresiasi kepada Pj Bupati Bengkalis beserta Kelompok Tani Koto Rejo II karena adanya sebuah keinginan untuk mengembangkan pertanian di Provinsi Riau," katanya setelah melakukan penanaman padi. 

Edy Nasution mengatakan, saat ini diketahui bahwa ketahanan pangan di Riau di masa pandemi Covid-19 mengalami kesulitan. Bahkan, yang mampu kita persiapkan dalan ketahanan pangan untuk masyarakat Riau ini sekitar 26,3 persen. 

"Selebihnya kita Riau mendatangkan pangan ini dari luar provinsi. Jikalau kita terus seperti ini di tengah pandemi Covid-19 yang belum jelas akhirnya, daerah-daerah yang membantu kita ini belum tentu bisa selanjutnya membantu kita," katanya. 

Hal ini, terang Wagubri, yang mendasari Pemerintah Provinsi Riau memerlukan sebuah gerakan yakninya Gerakan Bertani agar merangsang para petani untuk mau melakukan Gerakan Bertani ini secara bersama-sama. 

Dalam kunjungan tersebut, Wagubri mengungkapkan adanya seorang masyarakat Kecamatan Siak Kecil yang membuat inovasi yang sangat luar biasa yakni sebuah alat untuk mananam padi yang bernama Tabela SR V1 atau Tabur Benih Langsung Slamet Riadi Varian 1.

"Slamet Riadi merupakan penemu alat ini. Sehingga kami sangat mengapresiasi dan menghormatinya" pungkasnya. 

Turut hadir menemani Wagubri dalam penanaman padi diantaranya, Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi, dan Kepala Dinas Pangan dan Tanaman Pangan, Hortikultura Provinsi Riau Syahfalefi. (MCR/AQB)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Jutaan Mangrove untuk Menjaga Batas Negara

Kamis, 16 Desember 2021 | 23:57:21 WIB

Tinjau Pertamina Hulu Rokan, Ini Pesan Menteri ESDM

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:09:42 WIB