Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Pandu Digital Dapat Mendukung Smart Village 

PEKANBARU - Direktorat Pemberdayaan Informatika, Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI, Slamet Santoso mengatakan pembentukan Pandu Digital dapat meningkatkan penggunaan literasi teknologi nformasi di masyarakat desa. 

Sebagai informasi, Pandu Digital adalah masyarakat umum yang memiliki pemahaman, kemampuan dan kompetensi mendasar terkait literasi digital serta memiliki keinginan dan komitmen untuk menjadi pemandu dan pendamping sesamanya dalam hal peningkatan literasi digital di berbagai sektor. 

"Yang menjadi fokus kegiatan Pandu Digital mulai dari sektor UMKM, pariwisata, pendidikan hingga kesehatan," terangnya saat mengisi materi di FGD Pengembangan Model Smart Village (desa cerdas) secara virtual, Selasa (17/11/2020). 

Pandu Digital sendiri, kata Slamet, memiliki tingkat kecakapan, diantaranya Pandu Digital Purwa yaitu Pandu Digital yang memiliki pengetahuan literasi digital dasar, secara khusus di sektor-sektor tertentu. 

Pandu Digital Madya (biru) adalah Pandu Digital yang memiliki pemahaman dan keterampilan untuk penyelesaian masalah literasi digital. Serta Pandu Digital Utama yaitu Pandu Digital yang memiliki keahlian
untuk menerapkan pemahaman yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah literasi digital. 

"Tak hanya itu, Pandu Digital juga bisa melakukan bentuk pendampingan jangka pendek, menengah dan jangka panjang," terangnya. 

Pandu Digital jangka pendek bisa melakukan pendampingan penggunaan Internet dan media sosial dasar untuk pegiat TIK lokal dalam melakukan promosi smart village di sektor UMKM, dan Pariwisata. Juga pendampingan penggunaan aplikasi untuk mendorong desa menuju smart village. 

"Pandu Digital jangka menengah adalah pendampingan pengembangan platform digital untuk smart village serta melakukan pendampingan untuk pembuatan konten promosi digital untuk Desa," jelas Slamet. 

Sementara Pandu Digital jangka panjang yaitu melakukan pendampingan untuk mengembangkan teknologi bagi smart village. Dan juga pendampingan untuk melakukan problem solving terhadap isu-isu digital yang dialami. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Begini Cara Perpanjang SIM Online Melalui Aplikasi SINAR

Selasa, 13 April 2021 | 21:15:43 WIB

Wagubri Hadiri Lauching Aplikasi SINAR Secara Virtual

Selasa, 13 April 2021 | 17:50:43 WIB

Inilah Lokasi Tiga Kantor Samsat Baru di Riau

Selasa, 13 April 2021 | 16:09:38 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik Jadi Rp2.358,00 per Kg

Selasa, 13 April 2021 | 15:42:38 WIB

Cegah Kerumunan, Gubri Tak Lakukan Safari Ramadan

Selasa, 13 April 2021 | 11:54:26 WIB

Gubernur Minta Formasi CPNS Riau Ditambah

Senin, 12 April 2021 | 19:43:13 WIB