Senin, 20 Safar 1443 H | 27 September 2021
Dirjen IKP Kominfo RI : ASN Juga Harus Bisa Menulis
Dirjen IKP Kominfo RI, Prof Dr Widodo Muktiyo

JABAR - Guna meningkatkan pelayanan informasi terhadapa masyarakat, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Prof Dr Widodo Muktiyo mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa menulis dengan baik layaknya informasi yang disajikan jurnalis di Media.

Hal tersebut disampaikan Dirjen IKP Kominfo RI, Prof Dr Widodo Muktiyo saat menjadi narasumber pada acara Sarasehan Pusat Teritorial Angkatan Darat (PUSTERAD) dengan Media Massa Tahun 2020, Rabu (18/11) di Bekasi, Jawab Barat. Dikatakannya jika ASN dimaksudnya sesuai bidang informasi di setiap intansi di pemerintahan. Khusunya di lingkungan kominfo yang ASN nya juga harus bisa menulis sebuah pemberitaan.

"Menulis dimaksud itu tidak hanya sekedar menulis tapi juga bisa di baca dalam artian bisa dipahami layaknya tulisan pemberitaan maupun informasi  jurnalis di media massa," katanya.

Hal tersebut katanya, juga menimbang kecanggihan teknologi saat ini yang dalam hitungan menit bahkan detik masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi dari berbagai informasi. Untuk itu pemerintahan juga harus bisa menyajikan informasi dengan baik sesuai peran dalam pelayanan pada masyarakat.

"Untuk itu ASN juga harus memiliki kemampuan dalam memberikan informasi," ujarnya lagi.

Sebagai pelayan masyarakat di tingkat pemerintahan, saat ini zaman sudah canggih bahkan terlalu canggih yang harus bisa di ikuti sebagaimana mestinya. Sehingga tujuan pelayanan pada masyarakat pun bisa berjalan dan tercapai dengan maksimal.

"Kita dari Kementrian Kominfo, juga sudah mulai memberikan pelatihan kepada para ASN, Khusunya lingkungan Kominfo untuk bisa menulis sebuah informasi terkait kegiatan pemerintahan untuk masyarakat. Kita juga berharap ini juga bisa digesa intansi pemerintahan kita di daerah," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan jika untuk penyajian informasi tersebut intansi ditingkat pemerintahan juga harus menyediakan ruang atau aplikasi sesuai intansi. Sehingga ketika masyarakat mencari informasi bisa lansung terkoneksi sesuai intansi yang di butuhkan.

Saat ini, tambahnya, memang terkait ruang iformasi ini masih banyak yang belum sempurna dan jalan di berbagai intansi di daerah maupun Indonesia. Ruang publikasi ada tapi tidak berfungsi, itu karena masih minimnya ilmu untuk menyajikan informasi dari kegiatan sendiri. Untuk itu kembali diharapkan peran Kominfo di daerah bisa meberikan bimbingan untuk informasi ini.

"Untuk informasi dan publikasi ini juga butuh peran media, untuk itu kita juga mengharapkan   kedepan media massa bisa terus bekerjasama dalam meningkatkan ruang informasi ini kedepan," tuturnya.(MCR/AZ)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Peralihan Musim

Kamis, 23 September 2021 | 06:28:25 WIB

Pemerintah Komitmen Penuh Berantas Mafia Tanah

Rabu, 22 September 2021 | 17:17:02 WIB

2 Kunci Utama Hidup Damai bersama COVID-19

Senin, 20 September 2021 | 19:41:35 WIB

KKP punya Logo Baru, Ini dia Penampakan dan Filosofinya

Sabtu, 18 September 2021 | 13:22:25 WIB