Ahad, 16 Zulhijjah 1442 H | 25 Juli 2021
Peringati HUT Ke-21, DWP Riau Gelar Seminar Kesehatan 

PEKANBARU- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Riau mengadakan seminar kesehatan denga tema "Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE)  Cara Memilih Kosmetik Aman" di Aula BPOM Di Pekanbaru, Rabu (18/11/2020).

Kosmetik merupakan bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia. Seperti diketahui, kosmetik hanya berfungsi untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan melindungi dan memelihara tubuh. 

Untuk itu, Ketua DWP Provinsi Riau, Fariza Yan Prana menganggap hal ini perlu dibahas secara baik, mengingat sehari-hari manusia tidak lepas dari alat kosmetik. 

"Semoga seminar ini memberikan banyak manfaat dan pengetahuan bagi kita," harapnya. 

Melalui seminar, pihaknya berharap anggota DWP Provinsi Riau memiliki ilmu baru sehingga tahu mana jenis kosmetik yang baik atau tidak baik digunakan. 

Di lain pihak, Kepala BPOM yang diwakili Kabag TU BPOM Di Pekanbaru, Martarina menyampaikan bahwa kosmetik merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. 

"Kita tahu bahwa sejak lahir sampai sekarang kita sudah berhubungan dengan kosmetik. Namun kosmetik ini adalah bahan atau sediaan yang penggunaannya hanya di bagian luar tubuh saja," jelasnya. 

Ia mengingatkan bahwa kosmetik bukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit atau merubah fisiologis tubuh manusia. Selain itu ia mengimbau masyarakat untuk lebih bijak menggunakan alat kosmetik sehingga efek samping dari kosmetik dapat dihindari. 

Ia melihat, hingga saat ini masih banyak beredar dipasaran produk-produk makanan atau kosmetik yang belum memiliki izin edar dari BPOM. Dan itu kebanyakan disumbang oleh produk kosmetik yang dianggap berbahaya bahi tubuh. 

"Sebagai konsumen dan masyarakat kita harus cerdas dalam membeli produk terutama kosmetik. Pilihlah produk yang sudah memiliki izin edar dari BPOM," tutupnya. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Besok Hari Terakhir Pendaftaran CASN

Ahad, 25 Juli 2021 | 12:54:22 WIB

Berikut 13 Poin Suara Anak Riau Tahun 2021

Jumat, 23 Juli 2021 | 16:55:45 WIB