Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
KLIK, 5 Cara Cerdas Memilih Kosmetik

PEKANBARU - Kosmetik yang tidak memiliki  izin edar ditanah air semakin banyak beredar di pasaran. Sehingga masyarakat hampir tidak bisa membedakan mana produk yang legal atau ilegal. 

Lantas bagaimana cara cerdas memilih kosmetik yang aman ? 

Laboratorium Kosmetika, Balai Besar Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, Lisna Savitri menjelaskan ada 5 (lima) cara cerdas memilih kosmetik yakni Kemasan, Label, Izin Edar berupa Notifilasi, Kegunaan dan Cara Penggunaan, serta Kadaluwarsa (KLIK). 

"Setiap kosmetik yang beredar harusnya sudah memiliki nomor izin edar dari BPOM. Untuk itu, diingatkan masyarakat cerdas dalam memilih kosmetik," katanya saat mengisi materi dalam seminar kesehatan dalam rangka memperingati HUT ke-21 DWP Provinsi Riau di Aula BPOM Pekanbaru, Rabu (18/11/2020). 

Adapun lima cara cerdas memilih kosmetik yang aman tersebut antara lain:

Pertama, Kemasan. Pastikan kemasan kosmetik dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/jelek), jangan memilih kosmetika yang kemasannya rusak (menggelembung, penyok), bentuk warna merata, stabil serta tidak ada bercak kotoran, pilih kosmetik dengan penandaan yang baik, tidak lepas atau terpisah dan tidak luntur sehingga informasi dapat terbaca dengan jelas. 

Kedua, Label. Pastikan Label tercantum dengan jelas dan lengkap. Karena setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan/label yang benar meliputi nama kosmetik, kegunaan, cara penggunaan, komposisi, nama dan negara produsen, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, nomor bets, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kadaluwarsa, peringatan/perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan, dan nomor notifikasi.

Ketiga, Izin Edar berupa Notifikasi. Pilihlah kosmetika yang telah memiliki izin edar berupa notifikasi dari Badan POM. Serta, nomor notifikasi dari BPOM ditandai dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka. 

Keempat, Kegunaan dan cara penggunaan. Bacalah kegunaan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan sebelum memakai kosmetika. Kecuali untuk produk yang sudah jelas cara penggunaannya, seperti sabun mandi, shampo, lipstik, dan lainnya. 

Kelima, Kadaluwarsa. Ingat. batas kadaluwarsa jangan sampai lewat, telitilah tanggal kadaluwarsa kosmetik sebelum membeli. Tanggal kadaluwarsa ditulis dengan urutan tanggal, bulan dan tahun / bulan dan tahun.

"Berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan kosmetika yang baik bagi kulit. Pemakaian yang salah dapat menyebabkan iritasi jerawat sampai kerusakan permanen pada wajah," tegasnya. 

Untuk diketahui, jika ragu-ragu terhadap suatu kosmetik masyarakat bisa menghubungi HALOBPOM. Dengan call center 1500533 atau SMS 081 21 9999 533, Email: halobpom@pom.go.id, dan Twitter @bpom_ri. (MCR/NV)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB