Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
Riau Hijau Salah Satu Upaya Strategis Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya menyampaikan bahwa Riau Hijau merupakan upaya strategis untuk melakukan optimalisasi pengelolaan sumber daya alam (SDA) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau menuju pembangunan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Riau dalam acara Diseminasi Rencana Aksi Riau Hijau dan Sosialisasi Kebijakan Pembangunan Rendah Karbon di Provinsi Riau secara virtual di Ruangan Sekdaprov Riau Kantor Gubernur Riau, Kamis (19/11/2020).

"Rencana aksi Riau Hijau dan pembangunan rendah karbon harus dioptimalkan," katanya.

Yan Prana Jaya menuturkan, Riau hijau meliputi tiga kebijakan penting yaitu meningkatkan pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, meningkatkan pengelolaan kualitas SDA dan meningkatkan bauran energi dari SDA terbarukan. Kebijakan Riau Hijau dilaksanakan melalui pendekatan sektoral berbasis lahan, sektor energi dan pengelolaan limba dengan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, CSO filantropi, media, dan pihak lainnya.

"Komitmen Pemprov Riau inilah yang menjadi awal inisiatif untuk menjadikan salah satu provinsi percontohan pembangunan rendah karbon di Indonesia," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, pada tanggal 14 Januari 2020 lalu, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman pembangunan rendah karbon antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Untuk itu, inisiatif Pemprov Riau ini diharapkan dapat membuka jaringan kerja sama kemitraan yang positif dalam melakukan rencana perbaikan yang lebih hijau bagi pembangunan di Provinsi Riau di masa yang akan datang.

"Semoga rencana aksi Riau Hijau dan pembangunan rendah karbon di Provinsi Riau dapat segera terwujud," ungkapnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB