Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020

PEKANBARU - Pandemi virus corona yang telah berlangsung lebih dari 9 bulan di Indonesia, menyebabkan terjadi keterbatasan aktifitas gerak masyarakat untuk berpergian keluar kota ataupun berwisata. Namun, bagi warga yang masih memiliki banyak waktu, kondisi ini memunculkan minat atau hobi baru dengan melakukan aktifitas berkebun. 

Hobi berkebun yang di gandrungi di masa Pandemi ini kemudian ditangkap oleh tim dosen Universitas Lancang Kuning (unilak) untuk mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan penghijauan dan pemberian bibit tanaman produktif di Perumahan Padma Rumbai Pekanbaru. Jumat, (20/11/2020).

Tim dosen yang terlibat yaitu, sebagai ketua Azwin, SP, M.Si, dengan anggota Dr. Ir. Ervayenri, M.Si dan Hanifah Ikhsani, S.Hut, M.Si, pelaksanaan kegiatan dengan melibatkan 30  warga perumahan. Menurut Azwin, SP.MSi, kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam kegiatan penghijauan dan kontribusi nyata dosen Unilak bagi masyarakat dalam rangka peningkatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Di saat pandemi Corona hobi berkebun banyak dilakukan warga, sehingga kami (tim dosen)  langsung mengadakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pengetahuan kepada warga perumahan tentang cara penghijauan, bercocok tanam, pemupukan, perawatan tanaman, dan lain lain, ujar Azwin yang juga dosen Fakultas Kehutanan Unilak

Di jabarkan Azwin bahwa saat mengadakan pengabdian tim dosen juga memberikan video yang berisikan materi bagaimana tata cara menanam mulai dari cara membuat lubang tanam, cara menanam, memupuk dan pemeliharaannya sehingga bisa diikuti dan dilaksanakan oleh warga secara mandiri. Pemberian video agar  memudahkan warga dalam memahami cara menanam dan merawat bibit yang diberikan. 

Di saat melakukan pengabdian tim dosen Unilak juga memberikan 120 batang bibit tanaman produktif berbagai jenis, diantaranya, Lengkeng, Sirsak, Mangga, Durian dan lain-lain.

" 120 bibit dengan berbagai jenis tanaman produktif seperti lengkeng, sirsak, mangga, durian dan lain-lain kami berikan untuk ditanam oleh warga dihalaman rumah, lingkungan perumahan maupun diareal Fasilitas Umum (Fasum) yang mereka miliki. Sehingga komplek perumahan dapat semakin hijau dan teduh, " ujar Azwin yang sering memberikan pelatihan.

Azwin, menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya tanaman penghijauan dilingkungan tempat tinggal.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat memiliki minat yang tinggi untuk menanam pohon yang kita ketahui memiliki banyak fungsi. Selain berfungsi sebagai penghijauan, pohon juga menambah nilai estetika dan keindahan, menciptakan kondisi lingkungan yang sejuk dan nyaman serta ketika pohon sudah besar dapat memproduksi buah yang bisa dimanfaatkan oleh warga. (MCR/Yan). 

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

BPBD Riau Petakan TPS Rawan Banjir

Rabu, 02 Desember 2020 | 14:16:22 WIB

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB

Wagubri Serahkan PGRI Award untuk Guru Guru Berprestasi 

Kamis, 26 November 2020 | 13:48:34 WIB