Ahad, 16 Zulhijjah 1442 H | 25 Juli 2021

DUMAI - Dinas Peternakan dan Peternakan (Disnakan) Kota Dumai, Riau mulai persiapkan stok kebutuhan bahan pangan daging sapi untuk konsumsi masyarakat pada Ramadan nanti.

Kepala Disnakan Dumai Syafrizal kepada pers di Dumai, Jumat (20/6) mengatakan, untuk menjamin ketersediaan daging, pihaknya intens melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap usaha peternak dalam meningkatkan populasi ternak dan perikanan.

"Selain itu, melaksanakan pengawasan perdagangan lintas batas ternak dan perikanan serta pengawasan informasi pasar," katanya.

Dia menjelaskan, kecukupan stok daging kebutuhan lokal selain selain mengandalkan pasokan dari peternak, juga membuka peluang bagi pemasok dari luar daerah.

Pihaknya juga melakukan pemantauan distribusi daging dari daerah pemasok agar terlaksana dengan lancar dan terkendali, serta menempatkan petugas pengawas di sejumlah jalur pintu masuk perbatasan.

"Sudah banyak pedagang hewan ternak sapi yang mengajukan izin memasukkan hewan ternak, dan kita akan memberikan kemudahan untuk itu dengan terus melakukan pemantauan kesehatan suplay," terangnya.

Disnakan Dumai akan memastikan kondisi ketersediaan bahan pangan ini aman dan sehat bebas dari dari penyakit serta kandungan zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat konsumen.

Untuk menjalankan tugas pemantauan, Disnakan telah membentuk tim yang akan melakukan monitoring dan pengawasan ketersediaan daging di pasar tradisional secara intensif agar konsumen mendapatkan bahan makanan yang sehat dan layak konsumsi.

"Pengawasan makin diintensifkan, untuk menghindari peredaran daging yang tidak layak dan terganggu kesehatannya. Karena itu, dibutuhkan kerjasama semua pihak terkait dalam penjaminan penyediaan kebutuhan pangan hewani ini," terangnya. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB