Jumat, 21 Zulhijjah 1442 H | 30 Juli 2021
Gubri Promosikan Batik Riau di Bali

BALI - Pemerintah Provinsi Riau saat ini sedang mempromosikan dan mengembangkan batik yang sesuai dengan spesifik daerah masing-masing kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau salah satunya yaitu Batik Bono.

Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat menjadi keynote speaker pada acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) tahun 2020 di Rumah Sanur Creative Hub, kota Denpasar, Kamis (26/11/2020) malam.

Saat menjadi keynote speaker pada acara tersebut ia juga sedang mengenakan baju batik khas Riau yang menjadi kebanggaannya saat melakukan kunjungan keluar daerah dengan tujuan agar batik Riau lebih dikenal masyarakat luar daerah Riau.

"Ini yang saya pakai adalah batik Riau dan bukan batik pulau Jawa atau daerah lain," kata Syamsuar.

Batik Bono merupakan Batik Khas Kabupaten Pelalawan dibuat dengan kain batik cap dan tulis. Batik Bono merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Riau yang begitu populer dan cantik untuk dikenakan selain itu juga ada beberapa motif Batik Bono sudah memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Mungkin Bono ini merupakan satu satunya yang ada di indonesia yang dimanfaatkan dan wisatawan untuk berselancar atau surving, dan ini ada batiknya juga," jelasnya. 

Batik bono hanya sebagian dari motif batik yang ada di provinsi Riau, masih banyak lagi yang lain diantaranya batik Siak dan lain sebagainya.(MCR/sem)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait