Ahad, 29 Sya'ban 1442 H | 11 April 2021
Apresiasi Buku Bonita, Menteri LHK RI: Jurnalisme Lingkungan Itu Sangat Penting

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar sangat mengapresiasi lahirnya buku Bonita Hikayat Sang Raja karya wartawan senior detik.com almarhum Haidir Anwar Tanjung.

Menurutnya, acara peluncuran dan bedah buku Bonita serta apresiasi atas karya Haidir Anwar Tanjung tersebut sangat penting, karena merupakan bagian dari upaya KLHK dalam melihat permasalahan melalui akar rumputnya.

Untuk itu, Menteri LHK ini menyebutkan bahwa jurnalisme lingkungan itu sangat penting, kedepannya ia akan berupaya untuk mencoba bagaimana dukungan terhadap ampuhnya dan kekuatan jurnalisme lingkungan untuk bangsa sendiri.

"Ini penting, karena ilmu pengetahuan dan Government unsurnya banyak, pengetahuan bersifat lokalitas menjadi sangat penting," ucapnya dalam acara peluncuran buku Bonita Hikayat Sang Raja, di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2020).

Siti Nurbaya Bakar menyampaikan, Presiden RI menekankan betul bahwa sekarang ini sebenarnya untuk lingkungan yang paling dipentingkan adalah implementasi. Ia meminta agar semua pihak untuk menunjukkan pekerjaan itu, jangan hanya asumsi saja, jangan omongan saja atau jangan linier semata.

"Ini menurut saya sangat relevan, yang paling penting adalah tindakan," ungkapnya.

Menteri LHK ini menambahkan, saat ini KLHK sedang merintis diseminasi karhutla dan lainnya yang baru dilaksanakan di Provinsi Riau.

"Kedepannya akan kita coba bagaimana caranya pentingnya jurnalisme lingkungan karena kalau kita ingin melihat sistem pemerintah maka basisnya adalah ilmu pengetahuan," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Haidir Anwar Tanjung. Ia juga memberikan beasiswa kepada kedua anak almarhum.

"Saya ingin menyampaikan secara pribadi, duka cita yg mendalam saya sulit berkata untuk ini," sebutnya. (MCR/IP)

Video

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan Belajar Tatap Muka Terbatas Kota Pekanbaru

Berita Terkait

Wagubri: Karhutla Ulah Tangan Jahil Manusia

Jumat, 05 Maret 2021 | 18:36:26 WIB

Presiden Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis

Rabu, 16 Desember 2020 | 19:13:01 WIB

Penyelarasan Data Covid-19 Terus Dimutakhirkan

Rabu, 04 November 2020 | 11:16:51 WIB

Pemerintah Sosialisasikan Pentingnya Vaksin Covid-19

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 14:31:57 WIB