Ahad, 4 Zulqaidah 1442 H | 13 Juni 2021

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) secara virtual, di Ruang Rapat Rumah Dinas Sekdaprov Riau, Minggu (29/11/20).

Tema yang diusung pada HUT ke 49 Korpri Tahun 2020 ini "Doa Bersama Untuk Bangsa". Acara tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat ulang tahun yang ke 49.

"Saya mengapresiasi saya menghargai semangat anggota korpri di tengah situasi pandemi seperti saat ini tetap menjalankan tugas pengertian dari negara yaitu melayani masyarakat," kata Presiden Jokowi

Presiden RI tersebut mengatakan dalam menjalankan tugas dari negara pasti ditemui banyak kesulitan dan memiliki keterbatasan, namun ia berharap kesulitan dan keterbatasan itu tidak menjadi penghalang untuk bekerja dengan sigap dan cepat membantu mengatasi berbagai permasalahan baik di bidang kesehatan maupun bidang ekonomi.

"Kita harus terus mempercepat reformasi birokrasi dengan reformasi struktural yang kita lakukan," tuturnya.

Pada saat pandemi Covid 19, dilanjutkannya telah memberikan momentum untuk mengubah dari channel normal ke channel ektranormal karena situasi pandemi mengakibatkan ASN berkerja dari rumah atau work from home. 

Dengan mempercepat transformasi digital menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan lebih terampil memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreatifitas.

"Kompetensi SDM aparatur negara harus menyesuaikan mansetnya harus berorientasi hasil dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," jelasnya

Selanjutnya tugas pelayanan cepat dan efektif, aparatur juga harus menjalankan tugas kebangsaan dengan keberadaan ASN di Indonesia hingga pelosok merupakan simpul pemersatu bangsa yang selalu mengamalkan Pancasila.

"ASN harus terus menjaga nilai-nilai bhineka tunggal Ika serta menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan, tugas mulia ini harus di jalan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi  menuturkan keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia harus bekerja untuk memotori pembangunan di seluruh pelosok Indonesia dengan menyampaikan prioritas program pembangunan nasional pada masyarakat.

"ASN harus aktif dalam pendidikan masyarakat memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat serta menjadi motor pembangunan dan perubahan terutama untuk masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil," ujarnya. 

"Seluruh anggota Korpri mari kita bersama-sama memberikan sejarah untuk pembangunan bangsa mewujudkan Indonesia maju," tutupnya.(MCR/DW)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing

Berita Terkait