Selasa, 26 Rajab 1442 H | 09 Maret 2021
Jelang Pilkada Serentak, Polres Siak Gelar Apel Pengecekan Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan TPS

SIAK - Kapolres Siak, AKBP Doddy F.Sanjaya,S.H, S.I.K, M.I.K., memimpin langsung apel Pergeseran Pasukan ( serpas ) dan pengecekan Sarana dan prasarana, dalam rangka kesiapan pengamanan pemungutan suara di TPS pada Pilkada tahun 2020 Wilayah Kabupaten Siak, di Halaman Apel Mapolres Siak. Senin ( 07/12/2020 ).

Kegiatan diawali dengan pengecekan sabanyak 245 personel Polres Siak dan Personil 145 Personil BKO dari Polda Riau yang terlibat dalam pengamanan pemungutan suara di TPS pada 9 Desember 2020 nanti serta Sarana dan Prasarana (Sarpas) yang akan digunakan.

Dalam arahannya pada apel serpas, Kapolres Siak menyampaikan beberapa arahan dan penekanan kepada seluruh personil yang hadir terkait pengamanan Pilkada serentak di TPS nanti.

"Menjadi catatan sejarah bagi kita semua dalam mengamankan Pilkada Kabupaten Siak untuk memilih calon pemimpin siak lima tahun ke depan, Ada beberapa catatan pimpinan yang perlu kita laksanakan dan kita garis bawahi terkait dengan kegiatan kita yang akan kita laksanakan, indikator keberhasilan dalam rangka pengamanan khususnya pada tahapan pemilihan atau pemungutan suara yang pertama tentunya, terciptanya rasa aman di lingkungan tempat pemungutan suara, tidak ada hal hal yang mengganggu proses nya pemungutan suara, yang kedua adalah terhindarnya penularan Covid - 19 pada saat Pemungutan suara di TPS TPS yang sudah disiapkan dari 944 yang ada, di Kabupaten siak," kata Kapolres. 

"Jadi pelaksanakan harus dengan baik, memastikan protokol kesehatan benar-benar dijalankan baik dari panitia dan seluruh unsur terkait dalam proses pencoblosan nanti, indikator yang ketiga menjadi perhatian pelaksanaan kegiatan ini adalah animo atau partisipasi pemilih yang memberikan hak suara nya, kita Polri sangat dituntut untuk selalu menjaga netralitas, jangan ada yang memihak kepada siapa siapa, fokus hanya dalam hal pengamanan dan penegakan protokol kesehatan Covid - 19." Ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan kepada anggotanya baik dari kotak suara dan surat suara wajib dijaga, dan dikawal dengan ketat yang telah datang ke setiap PPK atau Kecamatan.

"Pengamanan di TPS, Polisi berada di ring tiga, dan jangan masuk ke dalam bilik TPS. Karena tidak diperkenankan undang-undang masuk ke TPS, kecuali ada permintaan dari KPPS, dan ada saksi-saksi yang ada di sana," ucapnya.

Terakhir, Kapolres menyampaikan bahwa setelah dilakukan pencoblosan seluruh personil tetap amankan perhitungan dari tingkat TPS dan mengawal sampai kembali ke PPK. 

"Apabila ada ditemukan tindak pidana yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada nanti, Personil pengamanan agar melaporkan secara berjenjang, Polsek untuk percepatan segera koordinasi dengan Panwascam setempat menunggu Sentra Gakumdu dari Kabupaten datang," ungkapnya. (MCR/ASN). 

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Apel Persiapan Penanganan Karhutla di Tualang

Rabu, 10 Februari 2021 | 14:14:37 WIB

Ruang Publik Didirikan, Pelayanan Publik Lebih Baik

Selasa, 02 Februari 2021 | 13:30:28 WIB

Panen Cuan, Petani Sawit di Siak Dapat Rp1 Miliar

Ahad, 24 Januari 2021 | 10:37:01 WIB

Pjs Bupati Siak Puji Kelas Kominfo Riau

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:36:43 WIB

Siak Bakal Kuatkan Sektor Hilir untuk Jaga Ketahanan Pangan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:01:54 WIB