Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021
Jaga Ketahanan Pangan Riau, Wagubri Hadiri Panen Raya Padi di Kampar

KAMPAR - Dalam rangka menjaga ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19 di Riau, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri panen raya padi di sawah Kelompok Tani Gemuruh Lestari dan Murni Jaya, Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Sabtu (12/12/2020).

Panen raya tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (Unri) bekerja sama dengan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) serta masyarakat yang ada di Desa Petapahan khususnya kelompok tani Gemuruh Lestari dan Murni Jaya.

Wagubri mengucapkan terima kasih kepada pihak UNRI dan PT CPI yang telah menggagas kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah untuk memelihara dan meningkatkan ketahanan pangan di Riau.

Menurutnya, agenda panen raya merupakan salah satu hal yang membanggakan bagi Riau di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Ini sungguh suatu motivasi yang sangat luar biasa," katanya.

Edy Nasution mengatakan, beberapa waktu lalu Pemprov Riau telah mengimbau para kepala daerah untuk bagaimana secara terus menerus meningkatkan penanaman padi dan menjaga ketahanan pangan.

Menurutnya, hal ini dikarenakan ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting. Sementara itu sampai saat ini Riau sebagian besar pangannya khususnya beras masih dipasok dari daerah luar.

"Provinsi Riau hanya mampu memenuhi kebutuhan beras sekitar 23,6 persen, selebihnya tergantung dari daerah lain dan ini tidak bisa selamanya seperti itu," tuturnya.

Wagubri berharap, seluruh daerah di Riau turut serta menjaga ketahanan pangan, sehingga pasokan pangan akan tetap terjaga dan bisa memenuhi kebutuhan akan pangan sendiri.

"Kalau lah ini bisa ditingkatkan dan menambah jumlah tanam, tentu kedepannya Provinsi Riau juga makin baik dalam tanaman pangan," ujaranya.

Turut hadir dalam panen raya tersebut, Kadis Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Riau Syahfalefi, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Forkopimda Kabupaten Kampar, Rektor UNRI Aras Mulyadi, GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Thamrin, serta tamu undangan lainnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

GAPKI Riau Edukasi Sawit Baik Ke Tenaga Pendidik

Jumat, 11 Juni 2021 | 20:08:17 WIB

Polda Riau Ungkap Kasus Pupuk Oplosan di Kampar

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:45:47 WIB

Tim Kukerta UNRI Sukseskan Vaksinasi di Tapung Hilir

Selasa, 08 Juni 2021 | 10:44:18 WIB

Lalulintas Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Normal

Jumat, 07 Mei 2021 | 23:03:47 WIB

Tim SAR Temukan Dua Bocah Tenggelam di Sungai Kampar

Selasa, 04 Mei 2021 | 16:02:51 WIB

3 Bupati, Sambut Kunker Terakhir Pandam I/BB di Kampar

Jumat, 12 Februari 2021 | 17:32:45 WIB