Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Ilustrasi: Wisatawan domestik mengunjungi Taman Bunga Impian Musnidianto, Okura, Pekanbaru, Riau. (Foto HO/Heru Maindikali).

PEKANBARU - Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru mengumumkan, terdapat 17 situs cagar budaya berupa benda dan tak benda yang ada di Pekanbaru. Selain itu, juga berupaya untuk menjadikan daerah Okura sebagai kawasan wisata halal.

Desa Wisata Okura di kecamatan Rumbai Pesisir, merupakan salah satu diantara Top 3 destinasi di kota Pekanbaru. Dua tahun belakangan, pariwisata desa Okura memang telah viral di media sosial.

Ada beberapa destinasi menarik di daerah itu. Di antaranya adalah Wisata Dakwah dan Taman Bunga Impian Musnidianto. Selain keberadaan dua destinasi wisata tersebut, di desa yang jaraknya 25 kilometer dari pusat kota Pekanbaru itu, wisatawan juga bisa mencoba berwisata mancing ikan di sungai Siak.

Menyikapi hal ini DPRD Kota Pekanbaru mendukung upaya Pemerintah Kota Pekanbaru yang terus menggesa tempat wisata dalam rangka menggaet wisatawan berkunjung ke Pekanbaru.

"Semoga dengan ditetapkannya kawasan Okura bisa menjadi tempat destinasi wisata halal juga bisa menjadi ikon Kota Pekanbaru," kata anggota DPRD Pekanbaru, Zulkarnain, Ahad (13/12/2020).

Menurut Zulkarnain, sosialisasi kepada masyarakat sangatlah penting. Selain untuk mempromosikan lokasi wisata tersebut, juga bisa dijadikan peluang bagi para pelaku UMKM yang ada. Sehingga menjadi penyemangat bagi pengelola objek wisata lainnya untuk berkembang dan berinovasi.

Terlebih lagi Taman Bunga Impian Okura sendiri berada di perbatasan antara Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Siak, sehingga jika kawasan tersebut dapat dikembangkan dengan baik maka potensi pengunjung dari luar kota juga akan meningkat.

"Ini yang harus dipersiapkan ke depan, nantinya masyarakat sekitar akan mendapatkan keuntungan seperti dari sisi religius, dan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Objek wisata Taman Bunga Impian ini, menyajikan lokasi foto yang instagramable, apalagi ketika tanaman bunganya sedang mekar. Ditambah lagi adanya beberapa objek foto yang sangat kekinian, diantaranya rumah pohon, ayunan hias, jembatan cinta, replika sampan dan 600 botol plastik berwarna warni yang bergelantungan di atas jalan masuk ke tempat tersebut.

Selain itu, letaknya yang berada di tepian Sungai Siak, menyuguhkan pemandangan hilir mudik sampan nelayan pencari ikan dan kapal pengangkut barang yang sedang melintas, tentunya hal ini juga menambah daya pikat wisatawan yang berkunjung.

Di Pekanbaru sendiri terdapat sejumlah objek wisata seperti Danau Bandar Khayangan, Alam Mayang, Taman Bunga Refi, Asia Farm, Mesjid Raya Senapelan, Pasar Bawah dan Rumah Tuan Kadi.(MC Riau/Yan). 

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Kantor Samsat Baru Resmi Beroperasi, 7 Menyusul

Selasa, 13 April 2021 | 13:12:12 WIB

Pemkot Pekanbaru Akan Laksanakan PPKM di Tingkat RW

Senin, 12 April 2021 | 21:42:08 WIB

Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021

Senin, 12 April 2021 | 10:34:00 WIB

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB