Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

PEKANBARU--Gedung Kepolisian Daerah (Polda) Riau, berlokasi di Jalan Pattimura, dalam waktu dekat ini, mulai digunakan. Untuk peresmiannya, langsung dilakukan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Informasi yang diterima, peresmian ini, akan dilakukan Kapolri secara virtual ditengah Pandemi Covid-19 ini.Kabar ini dibenarkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto SIK, saat dihubungi, Selasa (15/12/2020).

''Benar kalau tidak ada rintangan, gedung Mapolda Riau di Jalan Pattimura, akan diresmikan Kapolri secara virtual,'' sebut Sunarto.

Waktunya, sambung Sunarto, rencananya akan dilakukan pada Jumat (18/12/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Disisi lain, sejak Senin (14/12/2020), pihaknya telah mengangsur  pemindahan barang-barang inventaris milik Polda.

Selanjutnya, paska diresmikan nanti Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSi sudah mulai berkantor di gedung Mapolda yang baru.

''Untuk inventaris sudah mulai berangsur dipindahkan sejak Senin kemarin. Setelah diresmikan, Kapolda mulai menempati kantor baru,'' jelas Sunarto.

Sebelum difungsikan menjadi Gedung baru Polda Riau. Lahan bekas sekolah Polisi Negara (SPN) itu dibangun di atas tanah seluas 6 hektare. Ukuran luas bangunan 22.000 meter persegi.

Sesuai master plan nya, bangunan utama Mapolda, yang terdiri dari lima lantai dan dibawah nya lantai basement. 

Sedangkan secara keseluruhan, luas bangunan sendiri mencapai 16.588 meter persegi.

Selanjutnya, bangunan kedua, di bagian barat. Untuk lantai I akan difungsikan untuk ruang Direktorat Samapta sedangkan lantai II untuk Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) dan Bidang Humas. 

Untuk gedung ini dua lantai itu memiliki luas bangunan dengan 2.916 meter persegi. Sedangkan pada ketiga, dibagian timur akan difungsikan sebagai kantor Dittahti dan Ditresnarkoba. Konsep bangunan nya, sama dibuat dua lantai dan luas bangunannya 2.916 meter persegi.

Lalu, gedung bagian depan yang difungsikan untuk SPKT di lantai I, sementara lantai II untuk Bidang Dokkes dan Command Center. Bangunan ini juga berdiri dua lantai, tapi luas bangunannya cukup kecil dibanding dengan yang lainnya, yakni 1.188 meter persegi

Untuk diketahui, pembangunan gedung Mapolda baru itu, dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau. Proyek bernama Pekerjaan Fisik Pembangunan Gedung Kantor Polda Riau.

.(MCR/HB)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Kantor Samsat Baru Resmi Beroperasi, 7 Menyusul

Selasa, 13 April 2021 | 13:12:12 WIB

Pemkot Pekanbaru Akan Laksanakan PPKM di Tingkat RW

Senin, 12 April 2021 | 21:42:08 WIB

Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021

Senin, 12 April 2021 | 10:34:00 WIB

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB