Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Sempena HAKORDIA 2020, KPK RI Ajak Elemen Bangsa Kuatkan Tekad Berantas Korupsi 

PEKANBARU - Sempena Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2020, Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk menguatkan tekad dan komitmen agar terus melakukan pemberantasan korupsi. Ia menyebutkan, visi KPK RI Tahun 2019-2023 bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju.

"Masyarakat kita libatkan secara luas, sehingga KPK menyusun strategi pemberantasan korupsi dengan tiga pendekatan," katanya saat memberikan kata sambutan dalam acara HAKORDIA 2020 yang disiarkan melalui kanal YouTube KPK RI, Rabu (16/12/2020).

Firli Bahuri menerangkan, tiga pendekatan tersebut yaitu, pendekatan pendidikan masyarakat yaitu pendekatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman akan bahaya korupsi sehingga diharapkan masyarakat tidak ingin melakukan korupsi atau terlibat dalam perkara korupsi.

Pendekatan kedua adalah pendekatan pencegahan yang dilakukan untuk perbaikan sistem, sehingga diharapkan tidak ada peluang dan kesempatan untuk orang-orang melakukan korupsi.

Sedangkan pendekatan terakhir adalah pendekatan penindakan. Pendekatan ini dilakukan dengan penindakan hukum yang tegas namun tetap akuntabel profesional dan menjunjung tinggi asas kemanusiaan dengan melalui pemidanaan badan, perampasan harta kekayaan para pelaku korupsi, serta pengembalian kerugian negara.

"Sehingga diharapkan timbul rasa takut dan kesadaran akan hukum serta tidak akan melakukan korupsi," ujarnya.

Ia menambahkan, Tahun 2020 tahun yang berbeda dan penuh perubahan untuk dunia, bangsa dan semua masyarakat. Dimana sejak maret 2020 lalu, saat pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional bahkan bencana dunia, seluruh masyarakat telah mengubah tata cara dan kebiasaan dalam berkehidupan.

Hal itu tentu juga berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk perubahan kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya termasuk tata cara interaksi sesama manusia.

"Dalam memperingati HAKORDIA tahun 2020, KPK telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya membangun Pilkada berintegritas melibatkan Kemendagri, Bawaslu dan pihak lainnya," ungkapnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Mudik di Masa Pandemi, Risikonya Tinggi

Ahad, 11 April 2021 | 16:55:08 WIB

Gubri Tinjau Asrama Mahasiswa Riau di Bogor

Ahad, 04 April 2021 | 18:13:58 WIB

Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Akan Jadi Sejarah

Senin, 22 Maret 2021 | 15:37:19 WIB

Riau Terima Penghargaan di Bidang Kebudayaan

Senin, 15 Maret 2021 | 17:51:34 WIB