Kamis, 11 Rabiul Akhir 1442 H | 26 November 2020

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai, Riau mengajak masyarakat dari berbagai elemen untuk ikut dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan helat pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang.

Walikota Dumai Khairul Anwar menegaskan, bagi masyarakat yang memiliki hak pilih, diajak untuk menggunakan haknya dalam pemungutan suara nanti serta tidak menjadi golongan putih (Golput).

"Pemkot berkomitmen besar untuk menyukseskan helat akbar pesta demokrasi nasional tahun ini. Karena itu kita ajak dan imbau seluruh masyarakat yang punya hak pilih agar mendatangi TPS untuk memilih presiden lima tahun kedepan," kata Walkot kepada wartawan, Senin (23/6).

Dijelaskan, Pemilihan Umum merupakan salah satu sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang dilaksanakan secara Demokratis berdasarkan asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

Negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang menganut paham demokrasi. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar tahun 1945 bahwa kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang undang.

Sehingga, demokrasi berarti kedaulatan berada di tangan rakyat dan berimplikasi bahwa rakyat memiliki kedaulatan, tanggung jawab, hak dan kewajiban untuk memilih pemimpin yang akan menjalankan pemerintahan, sekaligus memilih wakilnya yang akan mengawasi jalannya pemerintahan tersebut.

"Seyogyanya pesta demokrasi ini perlu disambut dengan persiapan yang baik penuh antusias dan sukacita. Namun, tidak dapat kita pungkiri pelaksanaan pemilu akan menimbulkan peningkatan suhu politik yang mesti disikapi secara arif dan bijaksana," ujarnya.

Walikota pilihan rakyat ini kembali mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa mewaspadai dan tidak terjebak dalam suasana perselisihan dan gesekan yang dapat terjadi, karena bisa berimbas pada konflik sosial di tengah masyarakat.

"Kemajuan pembangunan dan negara terletak di tangan rakyat yang memilih pemimpinnya, dan karena itu mari kita memilih pemimpin sesuai hati nurani supaya cita-cita dan harapan yang diinginkan dapat terwujud bersama," terangnya. (MC Riau/ar)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB